PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK KELOR DI KELAS VII SMP NEGERI I PENYAMBUNGAN SELATAN TA 20144/2015

Lubis, HevviAdelina (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK KELOR DI KELAS VII SMP NEGERI I PENYAMBUNGAN SELATAN TA 20144/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1 NIM 4102121007 COVER.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 NIM 4102121007 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 NIM 4102121007 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 NIM 4102121007 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 NIM 4102121007 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 NIM 4102121007 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 NIM 4102121007 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 NIM 4102121007 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 NIM 4102121007 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10 NIM 4102121007 BAB I.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 NIM 4102121007 BAB V.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15 NIM 4102121007 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview

Abstract

Rendahnya mutu pendidikan yang tercermin dari rendahnya rata-rata prestasi belajar. Penyebab universal atas rendahnya mutu pendidikan adalah guru sulit memilih model pembelajaran yang tepat, oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Kalor di Kelas VII SMP Negeri 1 Penyabungan Selatan T.P. 2014 / 2015. Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain two group Pre-test dan Pos-test, Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VII semester II SMP Negeri 1 Penyabungan Selatan T.P. 2014 / 2015. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling, yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran Problem based Learning, dan kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional yaitu model pembelajaran langsung, masing-masing kelas sebanyak 30 siswa, Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan Instrumen berupa test pilihan berganda sebanyak 20 soal dengan 5 option (a, b, c, dan d) Tes hasil belajar di validkan oleh validator. Dari analisa data untuk kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri berbasis eksperimen diperoleh rata-rata Pre-test 25,33 dengan standard deviasi 6,94 dan nilai rata-rata Post-test 72,5 dengan standard deviasi 12,159. Kelas kontrol yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh rata-rata Pre-test 24,66 dan standard deviasi 8,65 sedangkan rata-rata Post-test 63,33 dengan standard deviasi 10,61. Kedua kelas berdistribusi normal dan memiliki variasi yang homogen. Hasil uji thitung adalah 3,11 sedangkan ttabel adalah 2,002 pada taraf nyata 0,05 artinya 95% Ha diterima dan 5% Ho ditolak dimana thitung> ttabel (thitung3,11> ttabel2,002). Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh yang berarti dari model pembelajaran Problem Based Learing secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Kalor kelas VII SMP Negeri 1 Penyabungan Selatan T.P 2014/2015. Sedangkan pada penilaian aktivitas didapat rata-rata nilai aktivitas selama 2 pertemuan adalah 64,99. Setelah dianalisis persamaan garisnya menggunakan Microsoft Exel 2007 dapat disimpulkan bahwa aktivitas siswa pada model pembelajaran mempengaruhi hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHakim, Abd196407311991031001
Call Number: SK-2016 FIS 020
Keywords: Hasil Belajar; Pembelajaran Konvensional; Pengertian Kalor
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics > QC251 Heat
Q Science > QC Physics > QC310 Thermodynamics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 10 May 2016 18:19
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5158

Actions (login required)

View Item View Item