PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR BERBASIS DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERFIKIR TINGKAT TINGGI MAHASISWA PADA PENGAJARAN ANALISIS KATION GOLONGAN IV DAN V

ARDILA, MUTIA (2022) PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR BERBASIS DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERFIKIR TINGKAT TINGGI MAHASISWA PADA PENGAJARAN ANALISIS KATION GOLONGAN IV DAN V. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 8206142004 COVER.pdf]
Preview
Text
1. 8206142004 COVER.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 2. 8206142004 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. 8206142004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of 3. 8206142004 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. 8206142004 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 4. 8206142004 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. 8206142004 PREFACE.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 5. 8206142004 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. 8206142004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 6. 8206142004 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. 8206142004 TABLES.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 7. 8206142004 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. 8206142004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 8. 8206142004 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. 8206142004 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 9. 8206142004 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. 8206142004 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 13. 8206142004 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. 8206142004 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 14. 8206142004 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. 8206142004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sumber belajar berbasis discovery yang dapat membantu meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa pada pengajaran analisis kation golongan IV dan V. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Reseacrh and Development) berbasis ADDIE yang dilakukan di Universitas Negeri Medan pada tahun akademik 2022-2023. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 orang mahasiswa yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen yang diajarkan dengan sumber belajar berbasis discovery dan kelas kontrol yang diajarkan dengan buku diktat universitas. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket kelayakan berdasarkan BSNP, instrument tes hasil belajar, rubrik kemampuan berfikir tingkat tinggi, dan angket respon mahasiswa. Implementasi sumber belajar berbasis discovery terbukti dapat meningkatkan hasil belajar lebih tinggi pada kelas eksperimen 86,20 dibandingkan pada kelas kontrol 78,80. Selain itu, kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa pada kelas eksperimen memperoleh hasil yang lebih baik dengan nilai laporan proyek akhir 81.94 dibandingkan kelas kontrol 76,28. Sumber belajar berbasis discovery memperoleh respon positif dari mahasiswa sehingga sangat layak untuk diimplementasikan dalam pengajaran kimia analitik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 541.372 3 Ard p
Keywords: Analisis Kation, Discovery, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 29 May 2023 09:34
Last Modified: 29 May 2023 09:34
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51331

Actions (login required)

View Item
View Item