KETERAMPILAN BERBIKIR KREATIF, PEMECAHAN MASALAH DAN PENALARAN MORAL SISWA SMA KELAS X DI KOTA PADANGSIDIMPUAN TENTANG PERUBAHAN IKLIM (CLIMATE CHANGE) BERBASIS SOCIOSCIENTIFIC ISSUES

HARAHAP, USWATUN HASANAH (2022) KETERAMPILAN BERBIKIR KREATIF, PEMECAHAN MASALAH DAN PENALARAN MORAL SISWA SMA KELAS X DI KOTA PADANGSIDIMPUAN TENTANG PERUBAHAN IKLIM (CLIMATE CHANGE) BERBASIS SOCIOSCIENTIFIC ISSUES. Masters thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. 8186173001 COVER.pdf]
Preview
Text
1. 8186173001 COVER.pdf - Published Version

Download (348kB) | Preview
[thumbnail of 2. 8186173001 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. 8186173001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (428kB) | Preview
[thumbnail of 3. 8186173001 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. 8186173001 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (299kB) | Preview
[thumbnail of 4. 8186173001 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. 8186173001 PREFACE.pdf - Published Version

Download (375kB) | Preview
[thumbnail of 5. 8186173001 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. 8186173001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (399kB) | Preview
[thumbnail of 6. 8186173001 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. 8186173001 TABLES.pdf - Published Version

Download (360kB) | Preview
[thumbnail of 7. 8186173001 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. 8186173001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (333kB) | Preview
[thumbnail of 8. 8186173001 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. 8186173001 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (332kB) | Preview
[thumbnail of 9. 8186173001 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. 8186173001 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (599kB) | Preview
[thumbnail of 13. 8186173001 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. 8186173001 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (340kB) | Preview
[thumbnail of 14. 8186173001 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. 8186173001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (597kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keterampilan berpikir kreatif, pemecahan masalah dan penalaran moral siswa SMA di kota Padangsidimpuan tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Dimana subjek penelitiannya adalah siswa SMA kelas X di kota Padangsdimpuan dengan sampel sebanyak 505 siswa dari SMA N 1 Padangsidimpuan, SMA N 4 Padangsidimpuan dan SMA N 6 Padangsidimpuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah essay tes dan wawancara. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa keterampilan berpikir kreatif siswa cukup kreatif dengan nilai sebanyak 83,9. Keterampilan pemecahan masalah siswa memiliki nilai 79,45 berada pada kategori cukup. Penalaran moral siswa memiliki nilai sebesar 97,16 berada pada kategori tinggi dan masuk pada level pasca konvensional. Korelasi antara keterampilan berpikir kreatif, dengan keterampilan pemecahan masalah siswa sangat kuat dan positif dengan koefisien 0,929. Korelasi antara keterampilan berpikir kreatif dengan penalaran moral siswa kuat dan positif dengan koefisien 0,663. Korelasi antara keterampilan pemecahan masalah dengan penalaran moral siswa kuat dan positif dengan koefisien 0,590. Semakin tinggi keterampilan berpikir kreatif siswa maka semakin tinggi keterampilan pemecahan masalah siswa dan penalaran moral siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Keywords: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keterampilan berpikir kreatif, pemecahan masalah dan penalaran moral siswa SMA di kota Padangsidimpuan tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Dimana subjek penelitiannya adalah siswa SMA kelas X di kota Padangsdimpuan dengan sampel sebanyak 505 siswa dari SMA N 1 Padangsidimpuan, SMA N 4 Padangsidimpuan dan SMA N 6 Padangsidimpuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah essay tes dan wawancara. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa keterampilan berpikir kreatif siswa cukup kreatif dengan nilai sebanyak 83,9. Keterampilan pemecahan masalah siswa memiliki nilai 79,45 berada pada kategori cukup. Penalaran moral siswa memiliki nilai sebesar 97,16 berada pada kategori tinggi dan masuk pada level pasca konvensional. Korelasi antara keterampilan berpikir kreatif, dengan keterampilan pemecahan masalah siswa sangat kuat dan positif dengan koefisien 0,929. Korelasi antara keterampilan berpikir kreatif dengan penalaran moral siswa kuat dan positif dengan koefisien 0,663. Korelasi antara keterampilan pemecahan masalah dengan penalaran moral siswa kuat dan positif dengan koefisien 0,590. Semakin tinggi keterampilan berpikir kreatif siswa maka semakin tinggi keterampilan pemecahan masalah siswa dan penalaran moral siswa.
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 16 Jan 2024 03:25
Last Modified: 16 Jan 2024 03:25
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51147

Actions (login required)

View Item
View Item