Pengaruh Budaya Organisasi, Efikasi Diri, Kepuasan Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru PAUD Dalam Mengimplementasikan Pendidikan Inklusif di Kabupaten Bireuen, Provinsi Aceh

Yanti, Hera (2022) Pengaruh Budaya Organisasi, Efikasi Diri, Kepuasan Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru PAUD Dalam Mengimplementasikan Pendidikan Inklusif di Kabupaten Bireuen, Provinsi Aceh. Doctoral thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 8156114003 Cover.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8156114003 Cover.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 8156114003 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM 8156114003 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 8156114003 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
2. NIM 8156114003 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 8156114003 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
3. NIM 8156114003 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (282kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 8156114003 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8156114003 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 8156114003 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8156114003 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 8156114003 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM 8156114003 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 8156114003 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
7. NIM 8156114003 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 8156114003 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 8156114003 BAB I.pdf - Published Version

Download (801kB) | Preview
[thumbnail of 13 NIM 8156114003 BAB V.pdf]
Preview
Text
13 NIM 8156114003 BAB V.pdf - Published Version

Download (488kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 8156114003 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM 8156114003 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) menemukan dan menguji apakah budaya organisasi dan efikasi diri berpengaruh langsung terhadap kepuasan kerja guru PAUD Inklusif (2) apakah budaya organisasi dan efikasi diri berpengaruh langsung terhadap motivasi kerja guru PAUD Inklusif (3) apakah budaya organisasi, efikasi diri, kepuasan kerja dan motivasi kinerja berpengaruh langsung terhadap kinerja guru PAUD Inklusif. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, pendekatan ex post facto, populasi 152 orang, sampel 110 orang, teknik proportional random sampling dengan menggunakan rumus Slovin pada taraf kesalahan 5%, teknik pengumpulan data kuesioner skala likert dan teknik pengolahan data analisis jalur. Temuan penelitian secara parsial diperoleh pengaruh langsung (1) budaya organisasi terhadap kepuasan kerja sebesar 0,410; (2) efikasi diri terhadap kepuasan kerja sebesar 0,095; (3) budaya organisasi terhadap motivasi kerja sebesar 0,349; (4) efikasi diri terhadap motivasi kerja sebesar 0,394; (5) budaya organisasi terhadap kinerja guru sebesar 0,226; (6) efikasi diri terhadap kinerja sebesar 0,177; (7) kepuasan kerja terhadap kinerja sebesar 0,240; (8) motivasi kerja terhadap kinerja sebesar 0,243. Temuan penelitian secara simultan diperoleh pengaruh langsung (1) budaya organisasi dan efikasi diri terhadap kepuasan kerja sebesar 0,199; (2) budaya organisasi dan efikasi diri terhadap motivasi kerja sebesar 0,354; (3) budaya organisasi, efikasi diri, kepuasan kerja, dan motivasi kerja terhadap kinerja sebesar 0,441. Temuan-temuan penelitian ini membawa implikasi secara praktis, yaitu bahwa peningkatan motivasi kerja, kepuasan kerja, budaya organisasi, dan efikasi diri dapat mengakibatkan peningkatan kinerja guru PAUD Inklusif Kabupaten Bireuen. Saran kepada seluruh yayasan PAUD Inklusif Kabupaten Bireuen Provinsi Aceh bahwa model kinerja guru PAUD Inklusif Kabupaten Bireuen Provinsi Aceh telah diuji kesesuaian dan hasilnya menunjukkan bahwa model teoretis yang diajukan fit dengan data empirik, sehingga dapat dijadikan sebagai bahan dalam proses memfasilitasi tentang program pengembangan PAUD inklusif yaitu pada sarana, prasarana, pendidik dan tenaga kependidikan.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Additional Information: 371.1 Yan p
Keywords: Budaya; efikasi; kepuasan; motivasi; kinerja; guru PAUD Inklusif
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline
Divisions: Program Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan (S3)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 24 Feb 2023 10:08
Last Modified: 24 Feb 2023 10:08
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50875

Actions (login required)

View Item
View Item