PENGARUH MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI POKOK JARINGAN TUMBUHAN OLEH SISWA KELAS XI SMA SWASTA MEDAN PUTRI MEDAN TP 2015/2016

Waruwu, Evelyn Elinawati (2015) PENGARUH MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI POKOK JARINGAN TUMBUHAN OLEH SISWA KELAS XI SMA SWASTA MEDAN PUTRI MEDAN TP 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4111141007 COVER.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4111141007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 4111141007 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 4111141007 PREFACE.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4111141007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4111141007 TABLES.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 4111141007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 4111141007 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 4111141007 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 4111141007 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4111141007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar biologi siswa dengan menggunakan teknik mencatat biasa, teknik mencatat mind mapping, dan mengetahui pengaruh mind mapping pada materi pokok jaringan tumbuhan di kelas XI SMA Swasta Medan Putri Medan Tahun pembelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI SMA Swasta Medan Putri Medan yang terdiri dari 5 kelas. Sedangkan sampel yang digunakan ada dua kelas, yaitu sampel untuk kelas eksperimen, terdiri dari 30 orang dan sampel untuk kelas kontrol terdiri dari 31 orang. Instrumen atau alat pengumpul data yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar biologi pada penelitian ini adalah tes hasil belajar pada materi pokok jaringan tumbuhan. Terdiri dari soal pilihan berganda yang telah divalidasi berjumlah 30 soal dengan 4 option. Berdasarkan hasil analisis data penelitian menunjukkan pretes kelas eksperimen (35,37±14,47) dan pretes kelas kontrol (36,04±15,95). Sedangkan hasil analisis data postes kelas eksperimen (73,37±9,156) dan postes kelas kontrol (62,06±7,63). Setelah dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh thitung = 5,254 > ttabel = 2,047. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa melalui teknik mencatat Mind Mapping.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSinambela, Masdiana196011051986012001
Call Number: SK-2016 BIO
Keywords: Mind Mapping; Jaringan Tumhuhan; Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QK Botany
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 03 May 2016 02:47
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5084

Actions (login required)

View Item View Item