PENGARUH METODE PETA PIKIRAN TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI POKOK FUNGI (JAMUR) DI KELAS X SMA SATRIA DHARMA PERBAUNGAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Sinaga, Yan Capri (2016) PENGARUH METODE PETA PIKIRAN TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI POKOK FUNGI (JAMUR) DI KELAS X SMA SATRIA DHARMA PERBAUNGAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01. NIM.409141106 Cover.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. NIM. 409141106 Pengesahan.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. NIM 409141106 Abstrak.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. NIM. 409141106 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. NIM 409141106 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. NIM 409141106 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. NIM. 409141106 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09. NIM 409141106 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM. 409141106 BAB I.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 409141106 BAB V.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM.409141106 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Peta pikiran terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok fungi (jamur) di kelas X SMA Satria Dharma Perbaungan tahun pembelajaran 2015/2016. Jenis penelitian adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Satria Dharma Perbaungan. Teknik pengambilan sampel secara acak, adapun kelas X-A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 orang siswa dan kelas X-B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 25 orang siswa. Kelas eksperimen diajar dengan metode peta pikiran dan kelas kontrol diajar dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa tes tertulis berbentuk pilihan berganda, yang diberikan sebelum dan sesudah proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata- rata nilai pretes kelas eksperimen adalah 61,97 dan pada kelas kontrol adalah 55,92 . Kemudian rata- rata nilai postes kelas eksperimen adalah 80,87 dan pada kelas kontrol adalah 75,68. Dari hasil pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji t satu pihak menunjukkan nilai t hitung = 2,78 dan t tabel = 1,674 berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode peta pikiran terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok fungi (jamur) di kelas X SMA Satria Dharma Perbaungan Tahun Pembelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSinaga, Erlintan19610119186012001
Call Number: SK-2016 BIO 036
Keywords: Peta Pikiran; Hasil Belajar Siswa; Fungi (Jamur)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QK Botany
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 02 May 2016 23:32
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5072

Actions (login required)

View Item View Item