DAPUR KARAKTER: WADAH PEMBERDAYAAN PEMUDA DUSUN TAMBAK BAYAN MENUJU DESA WISATA DI KABUPATEN DELI SERDANG

Martozet and Nurwani and Setyadiningrat, Raden Burhan (2022) DAPUR KARAKTER: WADAH PEMBERDAYAAN PEMUDA DUSUN TAMBAK BAYAN MENUJU DESA WISATA DI KABUPATEN DELI SERDANG. In: Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat, 14 September 2022, Seminar dalam Jaringan LPPM Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Program PKM Dafur Katakter bekerjasama dengan Dusun Tambak bayan, menggalai potensi yang dimiliki para pemuda dalam berolah seni melalui permainan anak-anak. Kegiatan yang dilakukan sebagaipenunjang dan menjadi potensi unruk mewujudkan Dusun Tambak Bayan sebagaidaerah wisata. Ada 2 yang dilakukan berdasarkan observasi; 1) pendidikan karakter melalui permainan anak-anak, 2) seni dan budaya, yang melibatkan masyarakat (pemuda) sebagai pelaku dan potensi budaya, menjadi dasar dalam mewujudkan program kepariwisataan di Desa Tambak Bayan. Kegiatan dirancang dengan melakukan pendampingan pembuatan karya seni permainan anak-anak berupa karya pantomin dan teater, untuk kebutuhan pariwisata berdasarkan budaya setempat. Pelaksanaannya, diberikan penguatan keilmuan penciptaan karya seni, dengan melakukan pemetaan seni tradisi (folklore) suku Jawa, eksplorasi budaya Jawa, sebagai dasar pengembangan karya. Memberikan pelatihan dasar teater, koreografi, sebagai
pengembangan dalam pendidikan karakter. Dari program yang dilakukan, didapatkan karya seni teater dalam kemasan seni wisata sebagai bagian dalam mengembangkan Dusun Tambak Bayan menjadi desa wisata. Dari program yang dikerjakan, didapatkan satu karya seni pertunjukan dengan mengambil cerita dari “mimi-mimpi” anak-anak Dusun Tambak bayan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Dapur Karakter, seni pertunjukan, pendampingan
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general > NX650 Special subjects, characters, persons, religious arts, etc.
Divisions: Lembaga Penelitian
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 06 Feb 2023 01:58
Last Modified: 08 Feb 2023 02:29
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50424

Actions (login required)

View Item
View Item