PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN MINAT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI DI KELAS X SMA NEGERI 1 TEBING SYAHBANDAR T.P. 2021/2022

LORENZA, BALQIST (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN MINAT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI DI KELAS X SMA NEGERI 1 TEBING SYAHBANDAR T.P. 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM 718114005 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 718114005 COVER.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 718114005 LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM 718114005 LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (497kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 718114005 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
3. NIM 718114005 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 718114005 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4. NIM 718114005 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 718114005 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM 718114005 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 718114005 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM 718114005 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 718114005 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM 718114005 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (30kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 718114005 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM 718114005 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 718114005 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 718114005 BAB I.pdf - Published Version

Download (371kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 718114005 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 718114005 BAB V.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 718114005 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM 718114005 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
PBL (Problem Based Learning) terhadap hasil belajar Ekonomi siswa yang
mempunyai minat belajar tinggi, rendah serta untuk mengetahui ada tidaknnya
interaksi antara model pembelajaran dan minat terhadap hasil belajar Ekonomi.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS SMA Negeri 1
Tebing Syahbandar. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen
(Eksperimen Semu). Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengetahui hasil
belajar menggunakan soal tes pilihan ganda, sedangkan instrumen penelitian
untuk mengetahui minat belajar menggunakan angket. Analisis data pengujian
hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis varians dua jalan.
Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan analisis variasi dua jalan,
dengan taraf signifikansi 0,05 diperoleh nilai signifikansi pada hipotesis pertama
sebesar (0.030), dimana 0.030 < 0,05. Dalam hal menunjukkan bahwa model
PBL memberikan hasil belajar yang baik dan juga perolehan rata-rata hasil belajar
kelas eksperimen 79.44 sedangkan kelas kontrol 71.36 Kemudian diperoleh nilai
signifikansi pada hipotesis kedua sebesar (0.000), dimana 0.000< 0,05; sehingga
dapat disimpulkan bahwa minat belajar tinggi dan minat belajar rendah
berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. serta diperoleh nilai signifikansi pada
hipotesis ketiga sebesar (0.233), dimana 0.233 > 0,05; hal ini menunjukkan
bahwa tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan minat belajar
Ekonomi terhadap hasil belajar. Jadi dapat disimpulkan bahwa, model Problem
Based Learning (PBL) berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar dan minat
belajar tinggi maupun rendah serta tidak ada interaksi antara model pembelajaran
dengan minat belajar terhadap hasil belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Hasil Belajar, Problem Based Learning(PBL), Minat belajar
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 11 Jan 2023 07:51
Last Modified: 10 Jun 2023 14:07
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49784

Actions (login required)

View Item
View Item