PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS LEARNING CYCLE 7E PADA MATERI USAHA DAN ENERGI DI SMA N 11 MEDAN T.P 2021/2022

Pakpahan, Gerhat Moses (2022) PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS LEARNING CYCLE 7E PADA MATERI USAHA DAN ENERGI DI SMA N 11 MEDAN T.P 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4183121031 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4183121031 COVER.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4183121031 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4183121031 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (601kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4183121031 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4183121031 PREFACE.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4183121031 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4183121031 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4183121031 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4183121031 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4183121031 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4183121031 TABLES.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4183121031 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4183121031 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4183121031 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4183121031 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4183121031 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4183121031 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4183121031 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4183121031 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4183121031 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4183121031 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang, menghasilkan dan mengetahui kelayakan dari modul fisika berbasis learning cycle 7e pada materi Usaha dan Energi. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan desain penelitian menggunakan model pengembangan 4D (Define, Desain, Develop, Dessiminate). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X semester II SMA N 11 Medan yang terdiri dari 2 kelas. Dengan sampel kelas X yang telah mempelajari Usaha dan Energi dari kelas X yang berjumlah 34 orang. Instrumen yang digunakan berupa angket yang terdiri dari beberapa aspek untuk menguji kelayakan modul yang akan digunakan
Hasil penelitian menunjukkan (1) Ditinjau dari validitas, validitas ahli materi memperoleh hasil persentase 98% dalam kriteria sangat baik dan layak digunakan, validitas oleh ahli media memperoleh hasil persentase 74% dalam kriteria baik dan layak digunakan dan validasi oleh ahli strategi memperoleh hasil persentase 89% dalam kriteria sangat baik dan layak digunakan. (2) Ditanjau dari uji kelayakan respon guru menunjukkkan angka 93% yang berarti modul yang digunakan sangat baik dan layak digunakan. Pada uji respon peserta didik pada kelompok kecil menunjukkan angka 86% yang berarti modul yang digunakan memberikan respon yang sangat positif. Sedangkan uji respon peserta didik pada kelompok besar menunjukkan angka sebesar 80% yang artinya modul yang digunakan memberikan respon yang positif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 2022-FIS-109 / 371.33 Pak p
Keywords: Pengembangan; Modul; Learnng Cycle 7E; Usaha dan Energi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 09 Jan 2023 08:04
Last Modified: 19 Jan 2023 07:50
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49708

Actions (login required)

View Item
View Item