PENGEMBANGAN E-MODUL BENTUK MOLEKUL BERBASIS MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL)

Ridhanisa, Febi (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL BENTUK MOLEKUL BERBASIS MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL). Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4183331005 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4183331005 COVER.pdf - Published Version

Download (252kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4183331005 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4183331005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (710kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4183331005 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4183331005 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4183331005 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4183331005 PREFACE.pdf - Published Version

Download (374kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4183331005 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4183331005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4183331005 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4183331005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4183331005 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4183331005 TABLES.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4183331005 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4183331005 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4183331005 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4183331005 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (498kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4183331005 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4183331005 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4183331005 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4183331005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (519kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang e-modul berbasis project based learning pada pokok bahasan bentuk molekul serta menganalisis kelayakan e-modul berbasis project based learning pada pokok bahasan bentuk molekul. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development yang dibatasi hanya sampai 3 tahap yaitu tahap pengumpulan data dan informasi, tahap perencanaan produk, dan tahap pengembangan produk. Model pengembangan dalam penelitian ini yaitu model ADDIE, terdiri dari tahap analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (Implementation), dan evaluasi (evaluation). Model ADDIE dipilih karena model ini memiliki langkah-langkah yang jelas, sistematis, efektif dan efisien. Penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembengan (development). Ini disebabkan oleh keterbatasan waktu untuk melakukan tahap-tahap selanjutnya. Subjek penelitian ini adalah e-modul berbasis project based learning. Objek penelitian ini adalah materi bentuk molekul. Produk yang dikembangkan divalidasi oleh validator ahli materi dan validator ahli media. Selain itu juga dilihat respon 2 orang guru kimia dan 10 orang respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul berbasis project based learning pada pokok bahasan bentuk molekul dinyatakan layak setelah dilakukan validasi oleh ahli materi, ahli media, respon guru dan respon siswa. Penilaian ahli materi dengan persentase rata-rata 87,45% dengan kategori valid/layak, ahli media 88,1% dengan katergori valid/layak, respon guru 93,65% dengan kategori sangat menarik, dan respon siswa 84,8% dengan kategori sangat menarik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 2022-KIM-10 / 371.33 Rid p
Keywords: e-Modul; Project Based Learning; Bentuk Molekul; Kelayakan e-Modul
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 08 Dec 2022 03:10
Last Modified: 08 Dec 2022 03:10
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49555

Actions (login required)

View Item
View Item