Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Menggunakan Hypercontent Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Kemandirian Belajar Siswa Kelas VII

Simamora, Nur Indah (2022) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Menggunakan Hypercontent Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Kemandirian Belajar Siswa Kelas VII. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1.  8206171014 COVER.pdf]
Preview
Text
1. 8206171014 COVER.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2.  8206171014 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. 8206171014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3.  8206171014 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. 8206171014 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 4.  8206171014 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. 8206171014 PREFACE.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 5.  8206171014 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. 8206171014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 6.  8206171014 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. 8206171014 TABLES.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 7.  8206171014 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. 8206171014 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 8.  8206171014 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. 8206171014 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 12.  8206171014 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. 8206171014 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 13.  8206171014 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. 8206171014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis validitas, kepraktisan dan keefektifan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan matematika realistik menggunakan hypercontent untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian belajar siswa; 2) menganalis peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan matematika realistik menggunakan hypercontent; 3) menganalisis peningkatan kemandirian belajar siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan matematika realistik
menggunakan hypercontent. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs S Hajijah
Amalia Sari tahun ajaran 2021/2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Perangkat pembelajaran berbasis pendekatan matematika realistik menggunakan hypercontent untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif; 2) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah menggunakan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan matematika realistik menggunakan hypercontent yang telah dikembangkan dilihat dari nilai N-gain pada uji coba I sebesar 0,42 (sedang) meningkat menjadi 0,62 (sedang) pada uji coba II ; 3) Peningkatan kemandirian belajar menggunakan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan matematika realistik menggunakan hypercontent yang telah dikembangkan dilihat dari nilai N-gain pada uji coba I sebesar 0,492 (sedang) meningkat menjadi 0,556 (sedang) pada uji coba II

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.72 Sim p
Keywords: Pendekatan Matematika Realistik; Hypercontent; Kemampuan Pemecahan Masalah; Kemandirian Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 21 Nov 2022 02:42
Last Modified: 17 May 2023 00:49
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49267

Actions (login required)

View Item
View Item