Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Matematika Realistik Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Al Azhar Medan

Nasution, Anggita Ulan (2022) Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Matematika Realistik Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Al Azhar Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8196172010. COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8196172010. COVER.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8196172010. LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8196172010. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (605kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8196172010. ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8196172010. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8196172010. KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8196172010. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8196172010. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8196172010. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8196172010. DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8196172010. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8196172010. DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8196172010. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8196172010. BAB I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8196172010. BAB I.pdf - Published Version

Download (684kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 8196172010. BAB V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 8196172010. BAB V.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8196172010. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8196172010. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) efektivitas model pembelajaran berbasis matematika realistik berbantuan yang dikembangkan; 2) kepraktisan model pembelajarann berbasis matematika realistik melalui perangkat pembelajaran yang dikembangkan; 3) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar melalui perangkat pembelajaran berbasis matematika realistik yang dikembangkan; dan 4) respon siswa terhadap perangkat pembelajaran berbasis matematika realistik yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini dilakukan melalui dua tahap, yaitu tahap pertama pengembangan perangkat pembelajaran berbasis matematika realistik menggunakan model pengembangan 4-D, dan tahap kedua mengujicobakan perangkat pembelajaran berbasis matematika realistik yang dikembangkan di kelas VII-A dan VII-B SMP Al Azhar Medan untuk melihat efektivitasnya. Dari hasil uji coba I dan Uji coba II diperoleh: 1) model pembelajaran berbasis matematika realistik yang dikembangkan efektif, ditinjau dari a) ketuntasan belajar siswa secara klasikal; b) ketercapaian tujuan pembelajaran; dan c) waktu pembelajaran; 2) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan praktis digunakan; 3) Perangkat pembelajaran berbasis matematika realistik yang dikembangkan dapat Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa; dan 4) respon positif siswa terhadap aktivitas dan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan realistik yang dikembangkan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 516,154,072 Nas p
Keywords: Pengembangan model pembelajaran, model 4-D, matematika realistik, pemecahan masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA440 Geometry. Trigonometry. Topology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 18 Nov 2022 09:47
Last Modified: 16 May 2023 07:39
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49252

Actions (login required)

View Item
View Item