PENGARUH METODE DEBAT AKTIF TERHADAP KEMAMPUAN HOTS SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS X DI SMA SWASTA HARAPAN

Pratiwi, Devyana (2022) PENGARUH METODE DEBAT AKTIF TERHADAP KEMAMPUAN HOTS SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS X DI SMA SWASTA HARAPAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 3183321004 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 3183321004 COVER.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 3183321004 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM 3183321004 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (670kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 3183321004 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM 3183321004 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 3183321004 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM 3183321004 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 3183321004 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM 3183321004 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 3183321004 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
6. NIM 3183321004 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 3183321004 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7. NIM 3183321004 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 3183321004 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM 3183321004 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 3183321004 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 3183321004 BAB V.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 3183321004 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM 3183321004 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode debat aktif terhadap kemampuan HOTS siswa dalam pembelajaran sejarah. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian quasi eksperimen, yakni hasilnya akan memperlihatkan perbedaan perlakuan yang diberikan kepada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi dari penelitian ini adalah kelas X SMA Swasta Harapan Paya Bakung yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah seluruh siswa 89 siswa. Pengambilan sampel ini dengan teknik simple random sampling (random sederhana), dimana kelas eksperimen adalah kelas X IPA 2 dengan jumlah 30 siswa yang dalam pembelajarannya menggunakan metode debat aktif dan kelas kontrol adalah kelas X IPA 1 dengan jumlah 30 siswa menggunakan metode konvensional sedangkan kelas X IPA 3 dengan jumlah 29 siswa sebagai kelas uji coba instrumen. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang diperoleh dari masing-masing sampel nilai rata-rata kelas X IPA 2 sebesar 84,60 sedangkan nilai rata-rata kelas X IPA 1 sebesar 80,87. Adapun perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa dari kedua sampel tersebut dapat dibuktikan menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi  = 0,05 dimana kriteria pengujiannya thitung ˃ ttabel yakni (10,38 ˃ 2,00) dari hasil hitung tersebut dapat dilihat bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh metode pembelajaran terhadap kemampuan HOTS siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 2022-SJRH-079
Keywords: Kemampuan HOTS; Metode Debat Aktif; Pembelajaran Sejarah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Siti Nur Fatimah
Date Deposited: 20 Dec 2022 03:41
Last Modified: 20 Dec 2022 03:41
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48985

Actions (login required)

View Item
View Item