PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN KREATIVITAS GURU TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 21 MEDAN TAHUN AJARAN 2020/2021

GUSTIARA, YESY (2022) PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN KREATIVITAS GURU TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 21 MEDAN TAHUN AJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 7173341059 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 7173341059 COVER.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 7173341059 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 7173341059 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 7173341059 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 7173341059 PREFACE.pdf - Published Version

Download (294kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 7173341059 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 7173341059 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 7173341059 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 7173341059 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (343kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 7173341059 LIST OF TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 7173341059 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 7173341059 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 7173341059 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 7173341059 LIST OF APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 7173341059 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 7173341059 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 7173341059 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (497kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 7173341059 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 7173341059 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 7173341059 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 7173341059 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh disiplin belajar dan kreativitas guru terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 21 Medan Tahun Ajaran 202/2021
Penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 21 Medan yang berjumlah 128 siswa. Sampel diambil dengan Teknik random sampling yaitu sebanyak 97 siswa. Uji validitas instrument menggunakan rumus product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan cronbach alpha. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear berganda, uji hipotesis secara parsial dan simultan serta perhitungan koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan. Pertama, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel Disiplin Belajar (X1) terhadap Hasil Belajar Ekonomi (Y) siswa kelas XI IPS SMA Negeri 21 Medan yaitu berdasarkan uji t (thitung > ttabel) 5,100 > 1,661 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, kedua terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Kreativitas Guru (X2) terhadap Hasil Belajar Ekonomi (Y) siswa kelas XI IPS SMA Negeri 21 Medan yaitu berdasarkan uji t (thitung > ttabel) 5,537 > 1,661 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Ketiga, secara simultan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel Disiplin Belajar (X1) dan Kreativitas Guru (X2) terhadap Hasil Belajar Ekonomi (Y) siswa kelas XI IPS SMA Negeri 21 Medan yaitu berdasarkan uji F (Fhitung > Ftabel) 70,690 > 3,09. Berdasarkan analisis diperoleh Koefisien Determinasi (R2) sebsar 0,601 yang menjelaskan bahwa pengaruh disiplin belajar dan kreativitas guru terhadap hasil belajar ekonomi sebesar 60,1% dan sisanya 39,9 dipengaruhi oleh factor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Berdasarkan hasil penelitian, kesimpulan dalam penelitian ini adalah pada uji t (Parsial) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variable Disiplin Belajar (X1) terhadap Hasil Belajar Ekonomi (Y) dan Kreativitas Guru (X2) terhadap Hasil Belajar Ekonomi (Y), Pada Uji F (Simultan) terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel Disiplin Belajar (X1) dan kreativitas guru (X2) terhadap Hasil Belajar Ekonomi (Y). Adapun saran dari penulis sebagai berikut: diharapkan guru untuk meningkatkan disiplin belajar yaitu dengan cara memberi sanksi yang bersifat mendidik kepada siswa, kerjasama antara pihak sekolah dan dinas untuk membuat pelatihan pembelajaran ekonomi berbasis online guna meningkatkan kreativitas guru, guru dapat memanfaatkan media pembelajaran e-learning yang ada selain WhatsApp.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Disiplin Belajar, Kreativitas Guru, Hasil Belajar Ekonomi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 26 Oct 2022 04:38
Last Modified: 26 Oct 2022 04:38
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48755

Actions (login required)

View Item
View Item