Pengembangan Multimedia Interaktif Ceria (MIC) Pada Tema 7 Subtema 1 Siswa Kelas IV SDN 060848 Medan Tahun Ajaran 2021/2022

Shaleha, Nur Ummi (2022) Pengembangan Multimedia Interaktif Ceria (MIC) Pada Tema 7 Subtema 1 Siswa Kelas IV SDN 060848 Medan Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 1183111132_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1183111132_COVER.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1183111132_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1183111132_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (332kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1183111132_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1183111132_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1183111132_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1183111132_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1183111132_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1183111132_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1183111132_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1183111132_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1183111132_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1183111132_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1183111132_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1183111132_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 1183111132_BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 1183111132_BAB I.pdf - Published Version

Download (314kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 1183111132_BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 1183111132_BAB V.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 1183111132_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 1183111132_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan Multimedia Interaktif Ceria (MIC) yang valid dalam pembelajaran tematik dikelas IV, (2) menghasilkan Multimedia Interaktif Ceria (MIC) yang praktis dalam pembelajaran tematik dikelas IV, dan (3) menghasilkan Multimedia Interaktif Ceria (MIC) yang efektif dalam pembelajaran tematik dikelas IV. Hal ini berdasarkan permasalahan yang ditemukan di antaranya: (1) proses pembelajaran yang kurang menarik, (2) belum menggunakan media pembelajaran yang inovatif, (3) hasil belajar tergolong rendah, dan (4) kurang aktif dalam menggunakan media pembelajaran terutama media pembelajaran interaktif. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan 4D dengan tahapan Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Desseminate (Penyebaran). Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 060848 Medan Petisah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara, studi dokumentasi, instrumen validasi, instrumen praktikalitas, dan instrumen Efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Multimedia Interaktif Ceria (MIC) yang dikembangkan dan telah divalidasi ahli desain media memiliki persentase sebanyak 82,5% dengan kategori “sangat layak”. Selanjutnya hasil validasi oleh ahli materi memiliki persentase sebanyak 91,1% dengan kategori “sangat layak”. Untuk uji kebenaran instrumen dilakukan uji validitas item dan uji reliabilitas di mana rhitung > rtabel sehingga dinyatakan ada 14 soal yang “valid” dan “reliabel”. Pada uji praktikalitas tingkat kepraktisan Multimedia Interaktif Ceria (MIC) pada guru memiliki persentase sebanyak 89% sedangkan pada siswa sebanyak 90,5% sehingga dapat dikatakan “sangat praktis”. Berdasarkan hasil evaluasi soal menunjukkan ketuntasan klasikal siswa kelas IV A dengan persentase sebanyak 88,8% sedangkan pada kelas IV B sebanyak 80%. Dengan demikian, Multimedia Interaktif Ceria (MIC) sudah efektif untuk digunakan. Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa Multimedia Interaktif Ceria (MIC) pada pembelajaran tematik di kelas IV layak, praktis, efektif digunakan dalam pembelajaran tematik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Multimedia; Interaktif; Ceria; Sekolah Dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 05 Dec 2022 02:52
Last Modified: 05 Dec 2022 02:52
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48357

Actions (login required)

View Item
View Item