Shaleha, Nur Ummi (2022) Pengembangan Multimedia Interaktif Ceria (MIC) Pada Tema 7 Subtema 1 Siswa Kelas IV SDN 060848 Medan Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1183111132_COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. NIM. 1183111132_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (332kB) | Preview
3. NIM. 1183111132_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
4. NIM. 1183111132_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
5. NIM. 1183111132_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
6. NIM. 1183111132_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
7. NIM. 1183111132_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM. 1183111132_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
9. NIM. 1183111132_BAB I.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
13. NIM. 1183111132_BAB V.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
14. NIM. 1183111132_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan Multimedia Interaktif Ceria (MIC) yang valid dalam pembelajaran tematik dikelas IV, (2) menghasilkan Multimedia Interaktif Ceria (MIC) yang praktis dalam pembelajaran tematik dikelas IV, dan (3) menghasilkan Multimedia Interaktif Ceria (MIC) yang efektif dalam pembelajaran tematik dikelas IV. Hal ini berdasarkan permasalahan yang ditemukan di antaranya: (1) proses pembelajaran yang kurang menarik, (2) belum menggunakan media pembelajaran yang inovatif, (3) hasil belajar tergolong rendah, dan (4) kurang aktif dalam menggunakan media pembelajaran terutama media pembelajaran interaktif. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan 4D dengan tahapan Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Desseminate (Penyebaran). Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 060848 Medan Petisah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara, studi dokumentasi, instrumen validasi, instrumen praktikalitas, dan instrumen Efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Multimedia Interaktif Ceria (MIC) yang dikembangkan dan telah divalidasi ahli desain media memiliki persentase sebanyak 82,5% dengan kategori “sangat layak”. Selanjutnya hasil validasi oleh ahli materi memiliki persentase sebanyak 91,1% dengan kategori “sangat layak”. Untuk uji kebenaran instrumen dilakukan uji validitas item dan uji reliabilitas di mana rhitung > rtabel sehingga dinyatakan ada 14 soal yang “valid” dan “reliabel”. Pada uji praktikalitas tingkat kepraktisan Multimedia Interaktif Ceria (MIC) pada guru memiliki persentase sebanyak 89% sedangkan pada siswa sebanyak 90,5% sehingga dapat dikatakan “sangat praktis”. Berdasarkan hasil evaluasi soal menunjukkan ketuntasan klasikal siswa kelas IV A dengan persentase sebanyak 88,8% sedangkan pada kelas IV B sebanyak 80%. Dengan demikian, Multimedia Interaktif Ceria (MIC) sudah efektif untuk digunakan. Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa Multimedia Interaktif Ceria (MIC) pada pembelajaran tematik di kelas IV layak, praktis, efektif digunakan dalam pembelajaran tematik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Multimedia; Interaktif; Ceria; Sekolah Dasar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 05 Dec 2022 02:52 |
Last Modified: | 05 Dec 2022 02:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48357 |