PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBBLOG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI IKATAN KIMIA

Asmi, Andalia (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBBLOG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI IKATAN KIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4171131003 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4171131003 COVER.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4171131003 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4171131003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4171131003 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4171131003 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (23kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4171131003 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4171131003 PREFACE.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4171131003 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4171131003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4171131003 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4171131003 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4171131003 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4171131003 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (22kB) | Preview
[thumbnail of 14.  NIM 4171131003  BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4171131003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran, mengetahui kelayakan media, dan mengetahui apakah hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran webblog yang dikembangkan pada materi ikatan kimia lebih tinggi dari nilai KKM yang telah ditetapkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Dengan mengunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa satu kelas X MIA 1 di SMA Negeri 8 Medan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Dari hasil analisis, dikembangkan media pembelajaran webblog. Hasil penilaian oleh dosen di peroleh rata-rata kelayakan sebesar 90%, dan rata-rata skor ahli materi 95 %. Dengan demikian media pembelajaran yang dikembangkan Valid dan sangat layak digunakan untuk media pembelajaran. Media pembelajaran yang dikembangkan kemudian diujikan ke siswa untuk melihat hasil belajar kimia siswa. Pengujian dilakukan dengan menggunakan 1 kelas eksperimen yang dilaksanakan dengan media pembelajaran webblog. Uji Hipotesis menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 78.29 dengan nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 75. Berdasarkan analisis statistic pada tingkat signifikansi 5% dapat dinyatakan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan media webblog yang dikembangkan lebih tinggi dari nilai KKM yang telah di tetapkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2021 KIM 091
Keywords: Webblog; Ikatan kimia; Media pembelajaran; Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 27 Sep 2022 07:30
Last Modified: 28 Sep 2022 04:09
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47851

Actions (login required)

View Item
View Item