PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 LUBUK PAKAM T.A 2021/2022

SIREGAR, TIANOVIDA (2021) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 LUBUK PAKAM T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM 7173341051 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 7173341051 COVER.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 7173341051 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 7173341051 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (420kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 7173341051 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 7173341051 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (307kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 7173341051 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 7173341051 PREFACE.pdf - Published Version

Download (320kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 7173341051 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 7173341051 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 7173341051 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 7173341051 TABLES.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 7173341051 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 7173341051 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 7173341051  APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 7173341051 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 7173341051  CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 7173341051 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (445kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 7173341051  CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 7173341051 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 7173341051 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 7173341051 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar. Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Lubuk Pakam T.A 2021/2022. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Lubuk Pakam. Sampel penelitian ini adalah siswa ekonomi kelas XI IPS yang berjumlah 60 orang. Teknik pengumpulan data adalah angket dan daftar kumpulan nilai. Adapun pengujian dilakukan menggunakan Uji Hipotesis secara parsial menggunakan uji t dan secara simultan menggunakan uji f.
Dari hasil penelitian diperoleh persamaan regresi linear berganda Y = 13,682 + 0,395X1 + 0,475 X2. Berdasarkan uji hipotesis secara parsial diperoleh hasil Kemandirian Belajar berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Hasil Belajar siswa yang ditunjukkan dengan nilai thitung ˃ ttabel = 4,287 > 1,672, dan nilai sig<0,05 = 0,000 < 0,05. Minat Belajar memiliki pengaruh secara positif dan signifikan terhadap Hasil Belajar siswa dengan thitung ˃ ttabel = 6,058 > 1,672 dan nilai sig<0,05 = 0,000 < 0,05. Uji hipotesis secara simultan diperoleh hasil Kemandirian Belajar dan Minat Belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Hasil Belajar siswa yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung ˃ Ftabel atau 47,124 > 3,17. Berdasarkan uji koefisien determinasi diperoleh nilai R2 sebesar 0,623 yang artinya Kemandirian Belajar dan Minat Belajar memberikan kontribusi terhadap Hasil Belajar siswa sebesar 62,3%. Sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan Kemandirian Belajar dan Minat Belajar secara positif dan signifikan terhadap Hasil Belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lubuk Pakam T.A 2021/2022.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kemandirian Belajar Dan Minat Belajar, Hasil Belajar Siswa.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC25 Self-education. Self-culture
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 19 Sep 2022 03:05
Last Modified: 19 Sep 2022 03:05
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47776

Actions (login required)

View Item
View Item