Pengembangan Buku Ajar Berbasis Literasi Sains pada Materi Ekosistem untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA di Kelas V SDN 101783 Saentis Kabupaten Deli Serdang

Aria, Rizki (2022) Pengembangan Buku Ajar Berbasis Literasi Sains pada Materi Ekosistem untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA di Kelas V SDN 101783 Saentis Kabupaten Deli Serdang. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 8206181009 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8206181009 COVER.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 8206181009 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 8206181009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 8206181009 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 8206181009 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 8206181009 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8206181009 PREFACE.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 8206181009 CONTENTS.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8206181009 CONTENTS.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 8206181009 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 8206181009 TABLES.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 8206181009 PICTURES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 8206181009 PICTURES.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 8206181009 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 8206181009 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[thumbnail of 9 NIM 8206181009 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9 NIM 8206181009 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (409kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 8206181009 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 8206181009 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 8206181009 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 8206181009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini untuk mengembangkan buku ajar berbasis literasi sains, menguji kelayakan, serta efektifitasnya. Pengembangan buku ajar menggunakan prosedur pengembangan model 4-D (Four-D model). Instrumen pengumpulan data berupa lembar penilaian untuk ahli materi, ahli media, ahli desain pembelajaran, lembar angket respon siswa, dan tes hasil belajar. Metode yang digunakan dalam menganalisis data yaitu dengan menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dan menggunakan persentasi. Hasil dari pengembangan produk berbentuk buku ajar yang telah divalidasi oleh ahli materi memperoleh hasil 88,74% dengan kategori sangat baik, ahli media memperoleh hasil 96,12% dengan kategori sangat baik, ahli desain pembelajaran memperoleh hasil 94,79% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil validasi ahli tersebut dapat dikatakan bahwa produk buku ajar yang dikembangkan dinyatakan layak untuk digunakan. Hasil ketuntasan belajar siswa pada pre-test dan post-test memiliki perbedaan. Pada saat post-test nilai ketuntasan hasil belajar siswa mempunyai nilai 0,5523 < 2,0244. Hal ini menunjukkan bahwa buku ajar berbasis literasi sains lebih efektif dari pada buku teks yang biasa digunakan

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 632,507 2 Ari p
Keywords: Buku Ajar; Literasi Sains; Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QH Natural history
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH501 Life
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 18 Aug 2022 10:25
Last Modified: 18 Aug 2022 10:25
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47454

Actions (login required)

View Item
View Item