Pengaruh Konseling Kelompok Melalui Pendekatan Cognitive Behavioral Therapy Terhadap Kecemasan Sosial Siswa SMA Negeri 1 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2020/2021

Alvira, Aulia (2021) Pengaruh Konseling Kelompok Melalui Pendekatan Cognitive Behavioral Therapy Terhadap Kecemasan Sosial Siswa SMA Negeri 1 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 1173151006_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1173151006_COVER.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1173151006_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1173151006_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (325kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1173151006_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1173151006_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1173151006_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1173151006_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1173151006_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1173151006_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1173151006_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1173151006_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1173151006_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1173151006_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1173151006_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1173151006_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 1173151006_BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 1173151006_BAB I.pdf - Published Version

Download (487kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 1173151006_BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 1173151006_BAB V.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 1173151006_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 1173151006_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok melalui pendekatan cognitive behavioral therapy terhadap kecemasan sosial siswa SMA Negeri 1 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2020/2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah kuantitatif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan pretest-posttest group design. Subjek dalam penelitian ini adalah 8 orang siswa kelas XI yang memiliki skor kecemasan sosial tinggi. Instrumen yang digunakan adalah angket kecemasan sosial. Instrumen diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan layanan konseling kelompok. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon untuk melihat apakah ada pengaruh signifikan pemberian konseling kelompok melalui pendekatan cognitive behavioral therapy terhadap kecemasan sosial siswa. Hasil perhitungan dengan skor tes awal (pre-test) pada kelompok eksperimen diperoleh rata-rata = 89 sedangkan data post-test diperoleh rata-rata = 69. Hasil uji Wilcoxon yang menunjukkan bahwa uji jenjang Wilcoxon diproleh Jhitung = 6 sedangkan Jtabel = 4. Dari tabel nilai kritis J untuk uji jenjang bertanda Wilcoxon untuk n = 8, α =0,05 sesuai dengan kriteria penerimaan dan penolakan hipotesis, hipotesis diterima jika Jhitung > Jtabel dimana 6>4, dari perhitungan ini dapat dilihat dari perlakuan pada kelompok eksperimen artinya hipotesis diterima. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh konseling kelompok melalui pendekatan cognitive behavioral therapy terhadap kecemasan sosial siswa SMA Negeri 1 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 2022-BK-016
Keywords: Konseling Kelompok Melalui Pendekatan Cognotive Behavioral Therapy; Kecemasan Sosial
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511 Affection. Feeling. Emotion
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 26 Jul 2022 02:41
Last Modified: 26 Jul 2022 02:41
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46662

Actions (login required)

View Item
View Item