Tambun, Cheessy M.V.O. (2021) PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS MEDIA GOOGLE CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR KELAS X SMA NEGERI 1 SOSA T.A 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4171121004 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM. 4171121004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
3. NIM. 4171121004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
4. NIM. 4171121004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
5. NIM. 4171121004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM. 4171121004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
13. NIM. 4171121004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
14. NIM. 4171121004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pembelajaran e-learning berbasis Google Classroom pada materi Suhu dan Kalor di kelas X Ipa SMA Negeri 1 Sosadan untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar bila menggunakan pembelajaran e-learning berbasis Google Classroom pada materi fisika Suhu dan Kalor di kelas X Ipa SMA Negeri 1 Sosa. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dan desain penelitian one group pretest-postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Ipa semester II SMA Negeri 1 Sosa T.A 2020/2021 yang terdiri dari 3 kelas paralel. Pengambilan sampel penelitian dilakukan secara acak (simple random sampling) terdiridari 1 kelas, yaitu kelas X MIA 1 sebagai kelas yang diberikan pembelajaran e-learning berbasis media google clasroom. Instrumen yang digunakan pada penelitian adalah tes dalam bentuk pilihan ganda dengan jumlah soal 20 buah yang telah divalidkan oleh validator. Uji analisis data yang digunakan adalah uji N-Gain. Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pretest kelas adalah 40 dan rata-rata postest kelas 76,53. Berdasarkan uji N-Gain, hasil perhitungan gain kelas diperoleh sebesar 0,611 yang artinya kelas tersebut mengalami peningkatan hasil belajar dengan kategori sedang karena berada pada rentang 0,3 ≥ g ≤ 0,7. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa akibat pembelajaran e-learning berbasis media google classroom di kelas X SMA Negeri 1 Sosa T.A 2020/2021.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 FIS 003 |
Keywords: | Problem based learning; E-learning; Google classroom; Suhu; Kalor; Media pembelajaran; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 08 Jun 2022 03:59 |
Last Modified: | 08 Jun 2022 03:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46038 |