PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK PADA SISWA SMP SWASTA DARUL ILMI MURNI KABUPATEN DELI SERDANG

Listiana, Yeni (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK PADA SISWA SMP SWASTA DARUL ILMI MURNI KABUPATEN DELI SERDANG. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 8136172092 Cover.pdf]
Preview
Text
1. 8136172092 Cover.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 2. 8136172092 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. 8136172092 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (435kB) | Preview
[thumbnail of 3. 8136172092 Abstrak.pdf]
Preview
Text
3. 8136172092 Abstrak.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 4. 8136172092 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
4. 8136172092 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of 5. 8136172092 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. 8136172092 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[thumbnail of 6. 8136172092 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
6. 8136172092 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of 7. 8136172092 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
7. 8136172092 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 8. 8136172092 Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
8. 8136172092 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[thumbnail of 9. 8136172092 Bab I.pdf]
Preview
Text
9. 8136172092 Bab I.pdf - Published Version

Download (981kB) | Preview
[thumbnail of 10. 8136172092 Bab V.pdf]
Preview
Text
10. 8136172092 Bab V.pdf - Published Version

Download (283kB) | Preview
[thumbnail of 11. 8136172092 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
11. 8136172092 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (297kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki: (1) Apakah peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh pendekatan pembelajaran Matematika Realistik lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa, (2) Apakah peningkatan keterampilan sosial siswa yang memperoleh pendekatan pembelajaran Matematika Realistik lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa, (3) Apakah terdapat Interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan kemampuan awal matematika terhadap peningkatan kemampuan representasi matematis, (4) Apakah terdapat Interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan kemampuan awal matematika terhadap peningkatan keterampilan sosial siswa, (5) Bagaimana Aktivitas siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Matematika Realistik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Swasta Darul Ilmi Murni Kabupaten Deliserdang. Kemudian secara acak dipilih dua kelas. Kelas eksperimen diberi perlakuan pendekatan pembelajaran Matematika Realistik dan kelas kontrol dengan pembelajaran biasa. Instrumen yang digunakan terdiri dari: tes kemampuan representasi matematis dan angket keterampilan sosial siswa. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas isi, serta koefisien reliabilitas sebesar 0,9353 dan 0,8539 berturut-turut untuk pretest dan postest kemampuan representasi matematis. Sedangkan koefisien reliabilitas untuk keterampilan sosial siswa sebesar 0,9335. Analisis data dilakukan dengan Uji t dan analisis varians dua jalur (ANAVA). Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh hasil penelitian yaitu: (1) Peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh pendekatan pembelajaran Matematika Realistik lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa, (2) Peningkatan keterampilan sosial siswa yang memperoleh pendekatan pembelajaran Matematika Realistik lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa, (3) Tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan kemampuan awal matematis terhadap peningkatan kemampuan representasi matematis siswa, (4) Tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan kemampuan awal matematis terhadap peningkatan keterampilan sosial siswa. Secara deskriptif juga dikaji jawaban dari rumusan masalah yaitu: aktivitas siswa selama pembelajaran dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Matematika Realistik berkategori baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.071 2 Lis p
Keywords: Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik; Kemampuan Representasi Matematis; Keterampilan Sosial
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 09 Jun 2016 05:40
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4562

Actions (login required)

View Item
View Item