PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI IIS I MAN I PADANG LAWAS TP 2021/2022

Sari, Indah Permata (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI IIS I MAN I PADANG LAWAS TP 2021/2022. Masters thesis, UNIMED.

[img] Text
1. 8186166010 COVER.pdf - Published Version

Download (190kB)
[img] Text
2. 8186166010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (451kB)
[img] Text
3. 8186166010 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (322kB)
[img] Text
4. 8186166010 PREFACE.pdf - Published Version

Download (350kB)
[img] Text
5. 8186166010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (915kB)
[img] Text
6. 8186166010 TABLES.pdf - Published Version

Download (626kB)
[img] Text
7. 8186166010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (179kB)
[img] Text
8. 8186166010 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (179kB)
[img] Text
9. 8186166010 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (781kB)
[img] Text
13. 8186166010 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (377kB)
[img] Text
14. 8186166010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (511kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat dan mengembangkan modul pembelajaran berbasis Problem Based Learning pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS MAN 1 Padang Lawas yang dapat mendukung pembelajaran sehingga membantu guru dalam menyampaikan materi pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengadopsi model pengembangan 4D. Selain itu, penelitian ini juga dilakukan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam pemecahan masalah pada pemebelajaran ekonomi. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 1 Padang Lawas. teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Hasil penelitian ini adalah modul pembelajaran ekonomi berbasis Problem Based Learning yang dikembangkan telah valid (memenuhi syarat) untuk digunakan sebagai modul pembelajaran pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS. Produk yang dikembangkan ditinjau dari aspek materi, desain pembelajaran dan aspek modul pembelajaran yang dilakukan oleh ahli dan respon siswa diperoleh persentase rata-rata 89% yang dapat dikategorikan “sangat layak” serta adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa saat diterapkan modul pengembangan.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorArwansyah, nidn0012076306
Thesis advisorHasyim, nidn0025016509
Call Number: 330.72 Arw p
Keywords: Modul 4-D; Problem Based Learning; Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 23 Feb 2022 05:10
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45580

Actions (login required)

View Item View Item