PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KIMIA INOVATIF LAJU REAKSI BERDASARKAN KURIKULUM 2013 TERINTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER

Sianturi, Bronika Septiani (2015) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KIMIA INOVATIF LAJU REAKSI BERDASARKAN KURIKULUM 2013 TERINTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 8136141001 Cover.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 8136141001 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (692kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 8136141001 Abstrak.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 8136141001 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 8136141001 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 8136141001 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 8136141001 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 8136141001 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 8136141001 Bab I.pdf - Published Version

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. 8136141001 Bab V.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. 8136141001 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bahan ajar kimia inovatifterintegrasi pendidikan karakter pada pokok bahasan laju reaksi berdasarkankurikulum 2013. Bentuk penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif. Jenis penelitian termasuk penelitian dan pengembangan (research and development). Subjek penelitian adalah bahan ajar pokok bahasan laju reaksi. Adapun, sampel yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari 20 orang guru kimia kelas XI di kota Medan. Pemilihan sampel dalam penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Bahan ajar penerbit A dianalisis berdasarkan kurikulum 2013 oleh dosen dan guru. Hasil analisis bahan ajar penerbit Aberdasarkan kurikulum 2013 diperoleh rata-rata 2,54 adalah valid, artinya sudah layak dan sebagian isi bahan ajar perlu direvisi. Bahan ajar yang telah dikembangkan dinilai oleh dosen dan guru. Penilaian dilakukan dengan 2 cara, yaitu berdasarkan kurikulum 2013 dan BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan). Hasil analisis berdasarkan kurikulum 2013 diperoleh rata-rata sebesar 3,60 adalah valid artinya sangat layak digunakan dan tidak perlu revisi. Hasil analisis berdasarkan BSNP diperoleh, aspek kelayakan isi 3,37 adalah valid, artinya sangat layak dan tidak perlu revisi, kelayakan bahasa 3,39 adalah valid, artinya sangat layak dan tidak perlu revisi, kelayakan penyajian 3,44 adalah valid, artinya sangat layak dan tidak perlu revisi. Bahan ajar yang telah dikembangkan kemudian diuji kepada siswa. Pengujian terhadap siswa dilakukan dengan menggunakan 2 kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Terhadap siswa kelas eksperimen diberikan bahan ajar kimia inovatif yang telah dikembangkan,sedangkan siswa kelas kontrol menggunakan bahan ajar yang telah adasebelumnya. Nilai rata-rata gain ternormalisasi pada kelas kontrol yaitu sebesar 0,62 sedangkan pada kelas eksperimen nilai rata-rata gain ternormalisasi sebesar 0,76.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSilaban, Ramlan196006181987031002
Thesis advisorHutabarat, Wesly195107201977101001
Call Number: 540.071 2 Sia p
Keywords: Bahan ajar; Laju reaksi; Kurikulum; Scientific approach; Pendidikan karakter
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4539

Actions (login required)

View Item View Item