PENGEMBANGAN MEDIA MONOPOLI BAHASA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK PADA TEMA MERAWAT HEWAN DAN TUMBUHAN KELAS II SEMESTER 2 SDN 050656 STABAT TA.2019/2020

AUDINA, TIFANI (2020) PENGEMBANGAN MEDIA MONOPOLI BAHASA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK PADA TEMA MERAWAT HEWAN DAN TUMBUHAN KELAS II SEMESTER 2 SDN 050656 STABAT TA.2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[img] Text
1. NIM 1163311103 COVER.pdf - Published Version

Download (40kB)
[img] Text
2. NIM 1163311103 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (242kB)
[img] Text
3. NIM 1163311103 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (39kB)
[img] Text
4. NIM 1163311103 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (94kB)
[img] Text
5. NIM 1163311103 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (95kB)
[img] Text
6. NIM 1163311103 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (40kB)
[img] Text
7. NIM 1163311103 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (65kB)
[img] Text
8. NIM 1163311103 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (40kB)
[img] Text
9. NIM 1163311103 BAB I.pdf - Published Version

Download (206kB)
[img] Text
13. NIM 1163311103 BAB V.pdf - Published Version

Download (66kB)
[img] Text
14. NIM 1163311103 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (40kB)

Abstract

Penelitian pengembangan media permainan monopoli bahasa dilakukan oleh peneliti dikarenakan masih kurangnya penggunaan media permainan sebagai media pembelajaran guru dalam proses pembelajaran di kelas II SDN 050656 Stabat. Kurangnya inovasi dan kreatifitas guru menjadikan proses pembelajaran hanya menggunakan metode ceramah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media permainan monopoli bahasa dan mengetahui kelayakan media pembelajaran ini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) yang dikembangkan oleh Borg and Gal. Prosedur penelitian dan pengembangan yang akan digunakan peneliti mengacu pada model pengembangan 4D, yaitu: Define, Design, Development dan Dissemination. Tehnik pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan: angket ahli materi, angket ahli desain media dan angket ahli pembelajaran untuk mengetahui kelayakan media monopoli bahasa. Berdasarkan hasil analisis data setelah produk divalidasi oleh validator, media permainan monopoli bahasa memenuhi kriteria layak dengan persentase ahli materi pembelajaran sebesar 89%, ahli desain media pembelajaran sebesar 94%, dan hasil dari ahli pembelajaran sebesar 96%. Media permainan monopoli bahasa layak digunakan sebagai media pembelajaran tematik tema merawat hewan dan tumbuhan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorPerangin Angin, Laurensia Masrinidn0009108202
Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran dan Monopoli Bahasa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 03 Feb 2022 03:24
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45244

Actions (login required)

View Item View Item