Hubungan Lingkungan Keluarga terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV di SD Al-Hidayah Terpadu Kec. Medan Tembung T.P. 2020/2021

Sari, Sri Wahyuni Mela (2021) Hubungan Lingkungan Keluarga terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV di SD Al-Hidayah Terpadu Kec. Medan Tembung T.P. 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 1173111096_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1173111096_COVER.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1173111096_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1173111096_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (270kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1173111096_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1173111096_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1173111096_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1173111096_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1173111096_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1173111096_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1173111096_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1173111096_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1173111096_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1173111096_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1173111096_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1173111096_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 1173111096_BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 1173111096_BAB I.pdf - Published Version

Download (330kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 1173111096_BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 1173111096_BAB V.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 1173111096_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 1173111096_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan oleh peneliti di SD Al-Hidayah Terpadu Kec. Medan Tembung ditemukan permasalahan yaitu saat pembelajaran berlangsung siswa kurang fokus dalam pembelajaran, kurang bersemangat dan cenderung pasif. Selain itu, guru juga menyatakan bahwa hasil belajar beberapa siswa yang belum mencapai rentang nilai 90-100 terdapat pada mata pelajaran matematika yang berbeda dengan hasil belajar pada mata pelajaran lainnya. Adapun yang menyebabkan permasalahan di atas ditemukan fakta bahwa beberapa siswa menyatakan keluarga/orang tua kurang memperhatikan kegiatan belajar anaknya di rumah, orang tua yang sibuk bekerja, suasana rumah yang kurang mendukung untuk anak tenang dan nyaman dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data lingkungan keluarga terhadap belajar siswa kelas IV di SD Al-Hidayah Terpadu Kec. Medan Tembung T.P. 2020/2021, untuk memperoleh data hasil belajar matematika siswa kelas IV di SD Al-Hidayah Terpadu Kec. Medan Tembung T.P. 2020/2021, dan untuk mengetahui hubungan antara lingkungan keluarga terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV di SD Al-Hidayah Terpadu Kec. Medan Tembung T.P. 2020/2021. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode penelitian korelasi. Penelitian ini dilakukan pada bulan April sampai Juli 2021 di SD Al-Hidayah Terpadu Kec. Medan Tembung. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di SD Al-Hidayah yang terdiri dari 2 kelas, yakni IV-1 dan IV-2 yang berjumlah 56 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling, yakni berjumlah 56 siswa. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis data deskriptif untuk memperoleh nilai rata-rata dan analisis statistik dengan menggunakan rumus koefisien korelasi product moment dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan keluarga berada pada kategori cukup dengan nilai rata-rata 67,77 dan hasil belajar matematika berada pada kategori cukup dengan nilai rata-rata 77,36. Perhitungan koefisien korelasi diperoleh rhitung = 0,450 dan rtabel = 0,263 pada taraf signifikan 0,05 yang artinya ada hubungan antara lingkungan keluarga terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV di SD Al-Hidayah Terpadu Kec. Medan Tembung T.P. 2020/2021. Hasil perhitungan uji signifikan (uji-t) diperoleh thitung = 3,704 dan ttabel = 2,005 pada taraf signifikan 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara lingkungan keluarga terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV di SD Al-Hidayah Terpadu Kec. Medan Tembung T.P. 2020/2021.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 2021-PGSD-226
Keywords: Hasil Belajar; Mata Pelajaran Matematika; Lingkungan Keluarga
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 27 Jan 2022 03:42
Last Modified: 27 Jan 2022 03:42
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45109

Actions (login required)

View Item
View Item