STUDI META-ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TEHNIQUE (VCT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

GURNING, BIWORO FRIDA (2020) STUDI META-ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TEHNIQUE (VCT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[img] Text
1. NIM. 1163111007_COVER.pdf - Published Version

Download (41kB)
[img] Text
2. NIM. 1163111007_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (264kB)
[img] Text
3. NIM. 1163111007_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (188kB)
[img] Text
4. NIM. 1163111007_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (171kB)
[img] Text
5. NIM. 1163111007_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (164kB)
[img] Text
6. NIM. 1163111007_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (109kB)
[img] Text
7. NIM. 1163111007_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (109kB)
[img] Text
8. NIM. 1163111007_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (109kB)
[img] Text
9. NIM. 1163111007_BAB I.pdf - Published Version

Download (344kB)
[img] Text
13. NIM. 1163111007_BAB V.pdf - Published Version

Download (138kB)
[img] Text
14. NIM. 1163111007_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (139kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar pengaruh model pembelajaran Value Clarification Tehnique (VCT) terhadap hasil belajar siswa di Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif terhadap analisis hasil publikasi penelitian ilmiah pada e-jurnal nasional. Pengaruh penelitian-penelitian yang menerapkan pembelajaran VCT dianalisis dengan teknik meta-analisis. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa secara keseluruhan penelitian-penelitian yang dilakukan berpengaruh dan efektif terhadap hasil belajar Biologi peserta didik dengan effect size 1,28 termasuk dalam kategori efek yang sangat tinggi. Model Value Clarification Tehnique (VCT) pun memberikan pengaruh dan efektif dilihat dari segi wilayah, yang letak geografis tidak mempengaruhi hasil belajar dari penerapan model Value Clarification Tehnique (VCT). Simpulan penelitian ini adalah bahwa model Value Clarification Tehnique (VCT) lebih efektif meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan dengan model pembelajaran lain dari studi ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorLubis, Wildansyahnidn0011115814
Keywords: Value Clarification Tehnique, teknik meta-analisis, effect size, hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 27 Jan 2022 01:05
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45028

Actions (login required)

View Item View Item