PENERAPAN SUPERVISI AKADEMIK BERBASIS COACHING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGAJAR GURU RUMPUN MATA PELAJARAN IPA DALAM MENERAPKAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI DI SMAN UNGGUL ACEH TIMUR

Soni, Jefri (2014) PENERAPAN SUPERVISI AKADEMIK BERBASIS COACHING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGAJAR GURU RUMPUN MATA PELAJARAN IPA DALAM MENERAPKAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI DI SMAN UNGGUL ACEH TIMUR. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 8126132055 Cover.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 8126132055 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (668kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 8126132055 Abstrak.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 8126132055 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 8126132055 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 8126132055 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 8126132055 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 8126132055 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 8126132055 Bab I.pdf - Published Version

Download (738kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. 8126132055 Bab V.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. 8126132055 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengajar guru rumpun mata pelajaran IPA dalam menerapkan strategi pembelajaran inkuiri (SPI) melalui penerapan supervisi akademik berbasis coaching. Subjek dalam penelitian ini adalah guru-guru rumpun mata pelajaran IPA di Kelas X SMAN Unggul Aceh Timur pada tahun pelajaran 2013/204 yang berjumlah 5 orang, dengan fokus penelitian adalah kemampuan guru menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), melaksanakan pembelajaran dengan SPI, dan ketuntasan klasikal siswa dalam pembelajaran tersebut. Desain penelitian menggunakan rancangan penelitian tindakan sekolah sebanyak 2 siklus dengan tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pada siklus pertama rata-rata kemampuan guru menyusun RPP mencapai skor 75,71%, kemampuan guru melaksanakan pembelajaran dengan SPI mencapai skor 67,50%, dan terdapat 2 kelas dengan ketuntasan klasikal dengan ketuntasan klasikal dibawah 85% dengan rata-rata keseluruhan 89,52%. Pada siklus kedua dicapai hasil bahwa rata-rata kemampuan guru menyusun RPP mencapai skor 97,14%, kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran SPI mencapai 87,22%, dan persentase ketuntasan klasikal siswa minimal 85,71% hanya pada satu kelas. Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukkan penerapan supervisi akademik berbasis coaching dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menerapkan strategi pembelajaran inkuiri.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSagala, Syaiful195805091986111001
Thesis advisorSiagian, Sahat196101041987031017
Call Number: 371.203 Son p
Keywords: Pembelajaran inkuiri; Kemampuan mengajar; Supervisi akademik; Strategi pembelajaran; Guru; Coaching
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4501

Actions (login required)

View Item View Item