PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KREATIVITAS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGAMBAR KONSTRUKSI BANGUNAN SMK NEGERI HUMBANG HASUNDUTAN

Hutajulu, Mutiha (2014) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KREATIVITAS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGAMBAR KONSTRUKSI BANGUNAN SMK NEGERI HUMBANG HASUNDUTAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 8116121030 Cover.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 8116121030 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (949kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 8116121030 Abstrak.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 8116121030 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 8116121030 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 8116121030 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 8116121030 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 8116121030 Bab I.pdf - Published Version

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. 8116121030 Bab V.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. 8116121030 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran inkuiri dan strategi pembelajaran ekspositori terhadap hasil belajar Menggambar Konsruksi Bangunan (2) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Menggambar Konstruksi Bangunan terhadap siswa yang kreativitas tinggi dan siswa yang kreativitas rendah (3) Untuk mengetahui interaksi antara strategi pembelajaran dengan kreativitas siswa terhadap hasil belajar Menggambar Konstruksi Bangunan.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Teknologi dan Rekayasa kelas XI TKBB di Kabupaten Humbang Hasundutan yang terdiri dari 3 kelas yaitu SMK N 1 L. Nihuta terdiri dari 2 kelas dan SMK N 2 Dolok Sanggul memiliki 1 kelas dan jumlah kesaeluruhan 90 orang. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Sampel penelitian terdiri dari 60 orang. Instrumen pengukuran untuk mengukur hasil belajar digunakan tes berbentuk pilihan ganda dengan 5 pilihan jawaban terdiri dari 30 butir soal. Untuk menjaring data Kreativitas siswa dilakukan melalui angket yang telah diuji kevalidannya oleh jasa Konsultan Psikolog yang terdiri dari 25 butir angket Kreativitas yang dinyatakan sahih yang digunakan dalam penelitian. Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan disain penelitian faktorial 2x2, sedangkan teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur pada taraf signifikansi  = 0.05. Syarat ANAVA adalah data berdistribusi normal dengan Lilifors dan data harus memiliki varians populasi homogen dengan uji Barlett dan uji Fisher.Hasil penelitian diperoleh: (1) hasil belajar Menggambar Konstruksi Bangunan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Inkuiri lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar Menggambar Konstruksi Bangunan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Ekspositori, (2) hasil belajar Menggambar Konstruksi Bangunan siswa yang memiliki Kreativitas tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki Kreativitas rendah dan (3) Belum ditemukan interaksi antara penggunaan Strategi pembelajaran dengan Kreativitas dalam mempengaruhi hasil belajar Menggambar Konstruksi Bangunan . Dari hasil analisis data disimpulkan bahwa penggunaan Strategi Pembelajaran dan Kreativitas memberi pengaruh yang signifikan terhadap Hasil Belajar Menggambar Konstruksi Bangunan . Implikasi dari penelitian ini secara khusus ditujukan kepada guru Menggambar Konstruksi Bangunan yaitu dalam penerapan Strategi pembelajaran harus diperhatikan karakteristik siswa khususnya Kreativitas siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorPanjaitan, Binsar195708011980031001
Thesis advisorSitompul, Harun196007051986011001
Call Number: 373.246 Hut p
Keywords: Strategi pembelajaran; Pembelajaran inkuiri; Pembelajaran ekspositori; Konstruksi bangunan; Menggambar; Kreativitas
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4466

Actions (login required)

View Item View Item