PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA MATERI PERPINDAHAN KALOR BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF DI KELAS V SDN 067256 MEDAN MARELAN T.A 2020/2021

AUDINI, SRI MEGA (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA MATERI PERPINDAHAN KALOR BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF DI KELAS V SDN 067256 MEDAN MARELAN T.A 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[img] Text
1. NIM. 1173311130_COVER.pdf - Published Version

Download (43kB)
[img] Text
2. NIM. 1173311130_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (205kB)
[img] Text
3. NIM. 1173311130_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (102kB)
[img] Text
4. NIM. 1173311130_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (171kB)
[img] Text
5. NIM. 1173311130_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (59kB)
[img] Text
6. NIM. 1173311130_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (32kB)
[img] Text
7. NIM. 1173311130_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (33kB)
[img] Text
8. NIM. 1173311130_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (110kB)
[img] Text
9. NIM. 1173311130_BAB I.pdf - Published Version

Download (342kB)
[img] Text
13. NIM. 1173311130_BAB V.pdf - Published Version

Download (206kB)
[img] Text
14. NIM. 1173311130_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (133kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengembangan, kelayakan dan keefektifan Bahan Ajar IPA Materi Perpindahan Kalor Berbasis Multimedia Interaktif Di Kelas V SDN 067256 Medan Marelan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Reasearch and Devloment) dengan menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Langkah yang ditempuh dalam penelitian pengembangan ini yaitu : 1) penelitian dan pengumpulan data, 2) perencanaa, 3) pengembangan draft atau produk, 4) uji coba lapangan awal, 5) merevisi hasil uji coba, 6) uji coba lapangan, 7) penyempurnaan produk hasil uji coba lapangan, 8) uji pelaksanaan lapangan, 9) penyempurnaan produk akhir, 10) diseminasi dan implementasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil penilaian ahli media mendapatkan kriteria nilai “Sangat Layak” dengan presentase (96,6%), hasil penilaian ahli materi mendapatkan kriteria nilai “Sangat Layak” dengan presentase (94,6%), hasil penilaian guru mendapatkan kriteria “Layak” dengan presentase (80%) dan uji pelaksanaan lapangan dengan 15 siswa kelas V SDN 067256 Medan Marelan “Sangt Layak” dengan presentase (92,93%). Tahap hasil keefektifan bahan ajar ini dilakukan dengan cara tes berupa pretest dan posttest yang dapat mengukur keefektifan bahan ajar sebelum dan sesudah penggunaan bahan ajar. Hasil dari pretest dengan kriteria “Kurang Efektif” dengan presentase 33,3 % dan nilai posttest dengan kriteria “Sangat Efektif” dengan presentase 100% .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorRozi, Fahrurnidn0007078309
Keywords: Pengembangan Bahan Ajar IPA, Perpindahan Kalor, Multimedia Interaktif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 17 Jan 2022 01:17
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44504

Actions (login required)

View Item View Item