Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Pada Teknik Dasar Bola Basket SMP Kalam Kudus Medan

Simarmata, Ricky Zulkarnaen (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Pada Teknik Dasar Bola Basket SMP Kalam Kudus Medan. Masters thesis, UNIMED.

[img] Text
1. NIM. 8186118011 COVER.pdf - Published Version

Download (117kB)
[img] Text
2. NIM. 8186118011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (278kB)
[img] Text
3. NIM. 8186118011 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (209kB)
[img] Text
4. NIM. 8186118011 PREFACE.pdf - Published Version

Download (205kB)
[img] Text
5. NIM. 8186118011 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (86kB)
[img] Text
6. NIM. 8186118011 TABELS.pdf - Published Version

Download (31kB)
[img] Text
7. NIM. 8186118011 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (58kB)
[img] Text
8. NIM. 8186118011 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (31kB)
[img] Text
9. NIM. 8186118011 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (450kB)
[img] Text
13. NIM. 8186118011 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (231kB)
[img] Text
14. NIM. 8186118011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (296kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah karena penggunaan media belajar yang kurang menarik maka penelitian ini mengembangkan media animasi pembelajaran Teknik dasar bola basket yang dikemas dalam app inventor. Tujuan penelitian ini adalah membuat produk media pembelajaran animasi untuk materi bola basket. Metode penelitian ini adalah pengembangan dengan desain dari Borg & Gall. Subjek penelitian dalam penelitian ini untuk kelompok kecil 20 orang, untuk kelompok besar 40 orang dan 20 orang untuk uji efektivitas. Ahli dalam penelitian ini terdapat 3 orang yaitu ahli media pembelajaran, ahli pembelajaran dan ahli dari guru PJOK. Dari hasil uji kelompok kecil bahwa jumlah skor kuesioner produk adalah 565, rata-rata 28,25 dan persentase keseluruhan pada uji coba kecil adalah 70,62% dengan kategori cukup valid (digunakan). Artinya dalam penelitian ini produk sudah bisa digunakan, namun penulis memilih melakukan uji coba kelompok besar untuk memvalidkan produk. Dari hasil uji kelompok besar bahwa jumlah skor kuesioner produk adalah 1369, rata-rata 34,22 dan persentase keseluruhan pada uji coba kecil adalah 85,56% dengan kategori sangat valid (digunakan). Artinya dalam penelitian ini produk sudah bisa digunakan, namun penulis memilih melakukan uji efektivitas untuk memvalidkan produk. Dari Hasil perhitungan data uji efektivitas diperoleh thitung = 5,11. Dari daftar ditribusi t dengan menggunakan peluang 1-α =0,95 dengan dk n-1 (30-1) = 1 diperoleh harga ttabel = 2,08. Sehingga diperoleh t hitung > t table, dengan demikian hipotesis yang menyatakan “Terdapat Pengaruh Media Pembelajaran Animasi Terhadap Belajar Teknik Dasar Bola Basket”.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorBangun, Sabaruddin Yunisnidn0009068201
Thesis advisorSinulingga, Albadinidn0016106107
Call Number: 796.323 072 Sim p
Keywords: Animasi; Bola Basket; Teknik Dasar
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV201 Physical education and training
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc.
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Olahraga
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 10 Jan 2022 05:49
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44368

Actions (login required)

View Item View Item