Perbedaan Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Peningkatan Gerak Dasar Manipulatif Pada Siswa SD Binaguna Medan

Br. Tarigan, Gita Nurgaya (2020) Perbedaan Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Peningkatan Gerak Dasar Manipulatif Pada Siswa SD Binaguna Medan. Masters thesis, UNIMED.

[img] Text
1. NIM. 8156117006 COVER.pdf - Published Version

Download (70kB)
[img] Text
2. NIM. 8156117006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
3. NIM. 8156117006 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (238kB)
[img] Text
4. NIM. 8156117006 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version

Download (152kB)
[img] Text
5. NIM. 8156117006 TABLE OF CONTENT-.pdf - Published Version

Download (170kB)
[img] Text
6. NIM. 8156117006 LIST OF TABLE-.pdf - Published Version

Download (124kB)
[img] Text
7. NIM. 8156117006 LIST OF PICTURE-.pdf - Published Version

Download (100kB)
[img] Text
8. NIM. 8156117006 LIST OF APPENDICES-.pdf - Published Version

Download (76kB)
[img] Text
9. NIM. 8156117006 CHAPTER I-.pdf - Published Version

Download (580kB)
[img] Text
13. NIM. 8156117006 CHAPTER V-.pdf - Published Version

Download (118kB)
[img] Text
14. NIM. 8156117006 REFERENCES-.pdf - Published Version

Download (254kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbedaan Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Peningkatan Gerak Dasar Manipulatif Pada Siswa SD Binaguna Medan Tahun 2019. Sampel penelitian ini 60 siswa yang masing-masing terdiri dari kelas III SD Binaguna Medan dengan menggunakan rancangan penelitian treatment by level 2x2 dengan uji tukey pada taraf ∝=0,05. Hasil penelitian menunjukan: 1) Pada kelompok A1 dan A2 dimana diperoleh Fh> Ft, yaitu 17,9> 4,15 sehingga dapat ditarik kesimpulan keseluruhan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar keterampilan gerak dasar manipulatif antara metode pembelajaran kelompok diundi dan metode pembelajaran individual Qh = 8,54 dan Qt = 3.83 dan berdasarkan hasil ini dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat hasil belajar keterampilan gerak dasar manipulatif antara metode pembelajaran kelompok diundi dan metode pembelajaran Individual. 2) diperoleh Fh>F1 yaitu 26,61 > 4,15. Sehingga dapat ditarik kesimpulan keseluruhan terhadap hasil belajar keterampilan gerak dasar manipulatif. 3) Dengan uji tukey pada kelompok A1B1 dan A2B1 dimana Qh = 18,95 dan Qt = 2.99 dan berdasarkan hasil ini dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil belajar keterampilan gerak dasar manipulatif dengan motorik tinggi yang diajar menggunakan metode pembelajaran kelompok diundi lebih baik dari pada strategi metode pembelajaran individual. 4) Dimana Qh = 1,84 dan Qt = 2.99 dan berdasarkan hasil ini dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil belajar keterampilan gerak dasar manipulatif dengan motorik rendah yang diajar menggunakan metode pembelajaran individual diundi lebih baik dari pada metode pembelajaran kelompok..

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorDewi, Rahmanidn0001117006
Thesis advisorSunarno, Agungnidn0015016608
Call Number: 796.072 Tar p
Keywords: Metode Pembelajaran; Motivasi Belajar; Gerak Manipulatif.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Olahraga
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 10 Jan 2022 05:12
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44364

Actions (login required)

View Item View Item