Pengembangan E-Modul Inovatif Berbasis KKNI Untuk Pembelajaran Kimia Non Logam Pada Materi Karbon Dan Silikon

Rahman, Lusyana (2021) Pengembangan E-Modul Inovatif Berbasis KKNI Untuk Pembelajaran Kimia Non Logam Pada Materi Karbon Dan Silikon. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 8196141004 COVER.pdf]
Preview
Text
1. 8196141004 COVER.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[thumbnail of 2. 8196141004 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. 8196141004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[thumbnail of 3. 8196141004 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. 8196141004 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[thumbnail of 4. 8196141004 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. 8196141004 PREFACE.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[thumbnail of 5. 8196141004 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. 8196141004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[thumbnail of 6. 8196141004 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. 8196141004 TABLES.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[thumbnail of 7. 8196141004 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. 8196141004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[thumbnail of 8. 8196141004 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. 8196141004 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[thumbnail of 9. 8196141004 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. 8196141004 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[thumbnail of 13. 8196141004 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. 8196141004 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[thumbnail of 14. 8196141004 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. 8196141004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran yang baik dapat terwujud apabila didukung oleh sumber belajar dan media pembelajaran yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul berbasis KKNI yang dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar mahasiswa serta untuk mengetahui hubungan motivasi dengan peningkatan hasil belajar mahasiswa, dan respon mahasiswa terhadape-modul. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Sampel penelitian ini berjumlah 25 orang mahasiswa Universitas Negeri Medan PSKM B 2019, dengan menggunakan teknik analisis data berupa tes hasil belajar dan angket, yang dianalisis menggunakan teknik analisis data statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu uji korelasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa E-modul inovatif berbasis KKNI hasil pengembangan telah valid (layak) digunakan berdasarkan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) dengan perolehan rata-rata keseluruhan sebesar 3.61. Peningkatan hasil belajar mahasiswa setelah menggunakan e-modul inovatif berbasis KKNI telah mencapai kriteria N-gain tinggi dengan perolehan nilai sebesar 0,72 dan e-modul dapat memotivasi mahasiswa dengan perolehan nilai rata-rata motivasi sebesar 85.1%. Hubungan motivasi dan peningkatan hasil belajar memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan perolehan koefisien korelasi sebesar 0,516 dan nilai signifikansi sebesar 0,008 serta respon mahasiswa terhadap penggunaan e-modul sangat baik dengan nilai rata-rata persentasi jawaban mahasiswa sebesar 85,3%.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 547.072 Rah p
Uncontrolled Keywords: E-Modul; KKNI; Research and Development (R&D); Motivasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QD Chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD415 Biochemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 10 Jan 2022 03:51
Last Modified: 10 Jan 2022 03:51
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44352

Actions (login required)

View Item
View Item