PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES PEMECAHAN MASALAH UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATERI VEKTOR KELAS X SEMESTER 1 DI SMA

Surbakti, Nur Afnia (2021) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES PEMECAHAN MASALAH UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATERI VEKTOR KELAS X SEMESTER 1 DI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4173321035 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4173321035 COVER.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4173321035 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4173321035 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (325kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4173321035 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4173321035 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4173321035 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4173321035 PREFACE.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4173321035 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4173321035 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (352kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4173321035 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4173321035 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (429kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4173321035 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4173321035 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4173321035 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4173321035 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (307kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan instrumen tes pemecahan masalah pada materi vector sehingga dapat digunakan sebagai bahan instrumen penilaian yang dapat mengukur kemampuan kognitif siswa.Jenis penelitian ini ialah penelitian R&D (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Dessiminate) dimana pada penelitian ini hanya sampai pada tahap Develop.Subjek penelitian ini yaitu siswa-siswi kelas X IA-1 dan IA-2 SMAS Brigjen Katamso-01 Medan.Data penelitian diperoleh berdasarkan uji kelayakan instrumen tes (validasi, realibilitas, taraf kesukaran, daya pembeda, dan respon siswa). Validasi ahli dari 3 validator menghasilkan nilai rata-rata sebesar 86% yang bermakna instrumen tes layak untuk diujikan. Sedangkan hasil validitas butir soal dari kelas berskala kecil sebesar 87% dan hasil dari kelas berskala besar yaitu 75% soal dikatakan valid.Reliabilitas dari kelas berskala kecil sebesar 0,607 sedangkan reliabilitas dari kelas berskala besar yaitu 0,63 dan dikatakan reliabel.Taraf kesukaran pada pengujian kelas kecil didapatkan bahwa 7 soal dalam katagori sedang dan 1 soal mudah, sedangkan pada kelas besar didapatkan 8 soal dalam katagori sedang.Daya pembeda pada pengujian kelas besar didapatkan bahwa 1 soal berkriteria buruk, 3 soal sedang dan 4 soal baik. Sedangkan hasil daya pembeda dari kelas berskala besar didapatkan bahwa 2 soal dalam kriteria buruk, 3 soal sedang, dan 3 soal baik. Hasil uji respon siswa didapatkan bahwa persentasi respon positif dari 16 sampel sebesar 91.88% dalam kategori sangat baik dan respon negatif sebesar 8.13%. Hasil kemampuan kognitif siswa dalam mengerjakan instrumen tes pemecahan masalah tersebut sebesar 55,1 kelas kecil dan 54,4 kelas besar. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa instrumen tes pemecahan masalah pada materi vector memenuhi hasil pengujian kelayakan instrumen tes sehingga dapat digunakan sebagai bahan untuk mengukur dan menilai kemampuan kognitif untuk pemebelajaran tatap muka maupun daring.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2021 FIS 105
Keywords: Pemecahan masalah; Instrumen tes; Kemampuan kognitif; Vektor
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 22 Nov 2021 03:45
Last Modified: 22 Nov 2021 03:45
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43887

Actions (login required)

View Item
View Item