PENGEMBANGAN BUKU AJAR KIMIA SMA/MA KELAS XII SEMESTER I BERDASARKAN KURIKULUM 2013

Purba, Leony Sanga Lamsari (2014) PENGEMBANGAN BUKU AJAR KIMIA SMA/MA KELAS XII SEMESTER I BERDASARKAN KURIKULUM 2013. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 8126141011 Cover.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 8126141011 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (633kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 8126141011 Abstrak.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 8126141011 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 8126141011 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 8126141011 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 8126141011 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 8126141011 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 8126141011 Bab I.pdf - Published Version

Download (554kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. 8126141011 Bab V.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. 8126141011 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh susunan urutan materi untuk buku ajar kimia SMA/MA kelas XII semester I yang layak dan sesuai kurikulum 2013 dan mengetahui seberapa besar efektivitas penggunaan buku ajar kimia SMA/MA kelas XII semester I terhadap hasil belajar kimia siswa . Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPA SMA di Kabupaten Dairi. Sampel penelitian diambil secara random sebanyak dua kelas dari tiga sekolah, yaitu SMA N 1 Sidikalang, SMA N 2 Sidikalang dan SMA 1 N Parongil. Masing-masing sekolah terdiri atas kelas kontrol dan eksperimen. Tahap awal penelitian dilakukan dengan penyusunan buku ajar kimia SMA/MA kelas XII semester I yang layak dan sesuai kurikulum 2013, tahap kedua dilakukan uji coba dan tahap akhir adalah analisis data. Sebelum tahap uji coba, buku distandarisasi kepada ahli, yang terdiri dari empat orang guru dan empat orang dosen. Berdasarkan penilaian para ahli, diperoleh hasil standarisasi kelayakan isi sebesar 3,56, standarisasi kelayakan bahasa sebesar 3,59, standarisasi kelayakan penyajian buku sebesar 3,60, standarisasi kelayakan kegrafikaan sebesar 3,61. Hasil rata-rata yang diperoleh untuk masing-masing analisis standar kelayakan yang diajukan kepada dosen dan guru kimia memperlihatkan berada pada kisaran 3,56 – 4,00 yang berarti bahwa dosen dan guru kimia setuju dengan buku ajar kimia standar yang diajukan dan tidak perlu dilakukan revisi kembali. Setelah diperoleh buku yang standar, maka dilakukan uji coba untik memperoleh data hasil belajar siswa dengan menggunakan buku ajar yang disusun. Data yang akan dianalisi terdistribusi normal dan homogen. Dari hasil pengolahan data diperoleh ajar kimia diketahui persentase efektifitas hasil belajar di SMA Negeri 1 Sidikalang sebesar 78 %., SMA Negeri 2 Sidikalang sebesar 58 %, SMA Negeri 1 Parongil sebesar 31 %. Hasil tersebut menunjukkan penggunaan buku sesuai kurikulum 2013 efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSitumorang, Manihar196008041986011001
Thesis advisorSilaban, Ramlan196006181987031002
Call Number: 540.071 2 Pur p
Keywords: Buku ajar; Ilmu kimia; Sumber pembelajaran; Standar kegrafikaan; Standar penyajian
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4377

Actions (login required)

View Item View Item