PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MATERI IKATAN KIMIA

Lestari, Lilis (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MATERI IKATAN KIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4171131022 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4171131022 COVER.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4171131030 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4171131030 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (401kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4171131022 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4171131022 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4171131022 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4171131022 PREFACE.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4171131022 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4171131022 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4171131022 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4171131022 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4171131022 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4171131022 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4171131022 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4171131022 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis android yang telah dikembangkan berdasarkan BSNP (2) mengetahui apakah hasil belajar peserta didik dengan menggunakan media pembelajaran berbasis android lebih tinggi dibandingkan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan media power ponit pada materi ikatan kimia. Penelitian dilaksanakan pada Semester Genap tahun ajaran 2020/2021 di SMA Negeri 1 Sunggal. Desain penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development menggunakan model ADDIE. Hasil penelitian yang diperoleh untuk kelayakan kebahasaan 96,4%, rekayasa perangkat lunak 92,9%, tampilan visual 78%, kelayakan isi 84,1%, penyajian 90%, kegrafisan 93,8%, dan kelayakan media pembelajaran berbasis android pada materi ikatan kimia secara keseluruhan 89 %, dengan kategori sangat layak. Selanjutnya media pembelajaran berbasis android pada materi ikatan kimia digunakan dalam prosses pembelajaran, diperoleh data yang kemudian dianalisis menggunakan uji t pihak kanan dengan thitung berada pada daerah signifikan, thitng > ttabel = 2,67 > 1,672. Sehingga Ha diterima dan H0 ditolak, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik dengan menggunakan media pembelajaran berbasis android lebih tinggi dibandingkan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan power point pada materi ikatan kimia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2021 KIM 152
Keywords: Media pembelajaran; Android; Ikatan kimia; Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 05 Nov 2021 08:58
Last Modified: 05 Nov 2021 09:00
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43652

Actions (login required)

View Item
View Item