ANALISIS BUKU AJAR KIMIA UNTUK SMA/MA KELAS X SEMESTER I BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MENUMBUHKEMBANGKAN KARAKTER SISWA

Yanthy, Novi (2014) ANALISIS BUKU AJAR KIMIA UNTUK SMA/MA KELAS X SEMESTER I BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MENUMBUHKEMBANGKAN KARAKTER SISWA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 8126141013 Judul.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 8126141013 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (873kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 8126141013 Abstrak.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 8126141013 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 8126141013 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 8126141013 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 8126141013 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 8126141013 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 8126141013 Bab I.pdf - Published Version

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. 8126141013 Bab V.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. 8126141013 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis urutan penyajian buku ajar kimia yang digunakan pada SMA/MA kelas X di Sumatera Utara, menyusun urutan materi pelajaran kimia kelas X yang sesuai dan sistematis mengacu pada Kurikulum 2013 dan mengembangkan buku pelajaran kimia SMA/MA kelas X yang standar sesuai Kurikulum 2013. Penelitian pengembangan ini menggunakan data kualitatif yang dijelaskan melalui angket dengan lembar kelayakan buku yang berisi indikator-indikator penilaian yang berasal dari Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Sampel penelitian ini antara lain SMA Negeri 5 Medan, SMA Dharmawangsa, MAN 1 Medan dan MAN 2 Medan. Adapun perlakuan sampel sebanyak 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan tes objektif untuk hasil belajar siswa sebelum dan sesudah proses pembelajaran, lembar observasi selama proses pembelajaran dilakukan serta angket untuk mengukur karakter yang berkembang yang dilakukan pada akhir pembelajaran. Data dianalisis menggunakan SPSS 19 dengan taraf signifikan 0,05. Hasil penilaian berupa rerata tentang validasi untuk menentukan layak atau tidaknya buku tersebut digunakan di SMA/MA kelas X. Hasil analisis kualitas buku ajar kimia yang dikembangkan berdasarkan beberapa aspek seperti :1) Kesesuaian Urutan Materi Dengan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar sebesar 98,33%; 2) Keakuratan Materi Ajar sebesar 89,50%; 3) Kemuktahiran Materi sebesar 81,25%; 4) Teknik Penyajian dan Pendukung Penyajian sebesar 89,83%; dan 5) Koherensi dan Keruntutan alur Pikir sebesar 90,83%.Rerata skor kualitas buku ajar sebesar 90 dan 85. Selain itu penelitian ini meningkatkan hasil belajar dan karakter siswa seperti Tanggung Jawab, Kreatifitas, Komunikatif dan Psikomotorik. Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan karakter siswa dengan menggunakan model CPBL (Cooperative Problem Based Learning). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Model pembelajaran CPBL meningkatkan hasil belajar serta karakter tanggung jawab, kreatifitas, komunikatif serta psikomotorik, (2) terdapat perbedaan yang signifikan dari model CPBL, nilai karakter tanggung jawab, kreatifitas , komunikatif, serta psikomotorik dari model yang diterapkan masing-masing dengan nilai sig. 0.05.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSuyanti, Retno Dwi196601261991032003
Thesis advisorMahmud, 195802221983031002
Call Number: 540.071 2 Yan a
Keywords: Buku ajar; Kurikulum 2013; Pendidikan karakter; Ilmu kimia; Pembelajaran kooperatif
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4347

Actions (login required)

View Item View Item