PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL THIAGARAJAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DI MTS PESANTREN DAAR AL ULUUM KISARAN

Dewi, Muthia (2014) PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL THIAGARAJAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DI MTS PESANTREN DAAR AL ULUUM KISARAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 8126172027 Judul.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 8126172027 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (663kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 8126172027 Abstrak.pdf - Published Version

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 8126172027 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 8126172027 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 8126172027 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 8126172027 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 8126172027 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 8126172027 Bab I.pdf - Published Version

Download (667kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. 8126172027 Bab V.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. 8126172027 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul beserta perangkat pembelajaran melalui pendekatan pembelajaran matematika realistik yang valid, praktis dan efektif dalam upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII MTs. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan rancangan model pengembangan perangkat menurut Thiagarajan, tanpa tahap penyebaran. Uji coba terbatas dilaksanakan di kelas VII-E MTs Pesantren Daar Al Uluum Kisaran semester genap tahun pelajaran 2013/2014 dengan jumlah siswa 40 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul beserta perangkat pembelajaran tergolong kriteria baik karena telah teruji validitasnya. Hasil pelaksanaan perangkat pembelajaran pada tahap implementasi termasuk kriteria praktis. Efektivitas pengembangan perangkat pembelajaran ini diperoleh dari data hasil belajar siswa yang tuntas belajar ≥ 85% secara klasikal dan respon positif siswa berada diatas 80%. Hasil perhitungan uji-t memberikan nilai signifikan. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan untuk kemampuan pemecahan masalah siswa sebelum dan sesudah diberi perangkat pembelajaran melalui pendekatan pembelajaran matematika realistik.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSyahputra, Edi195701211989031001
Thesis advisorAsmin, 195708041958031002
Call Number: 510.071 2 Dew p
Keywords: Matematika realistik; Self instructional; Self contained; Stand alone; Bahan ajar; Modul
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4332

Actions (login required)

View Item View Item