Pengaruh Model Pembelajaran dan Lokasi Sekolah Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa

Nasution., Sarah Marilin (2021) Pengaruh Model Pembelajaran dan Lokasi Sekolah Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 8176172046 COVER.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 8176172046 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 8176172046 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 8176172046 PREFACE.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 8176172046 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 8176172046 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 8176172046 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (725kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. 8176172046 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. 8176172046 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran terhadap kemampuan penalaran matematis siswa , (2) Untuk mengetahui pengaruh lokasi sekolah terhadap kemampuan penalaran matematis siswa, (3) Untuk mengetahui interaksi antara model pembelajaran dan lokasi sekolah terhadap kemampuan penalaran . Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII Tsanawiyah Hifzil Qur’an Medan dan Madrasah Tsanawiyah Al-Jam’iyatul Tembung. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Probability Sampling. Jenis pengambilan sampel adalah Simple Random Sampling. Sampel penelitian dipilih dari dua kelas dari masing-masing sekolah, yaitu kelas Tsanawiyah Hifzil Qur’an Medan yaitu kelas kelas VII-2 memperoleh model Problem Based Learning terdiri dari 30 siswa danVII-3 sebagai kelas yang memperoleh Pembelajaran Konvensional yang terdiri dari 30 siswa. Dan Madrasah Tsanawiyah Al-Jam’iyatul Tembung VII-1 sebagai kelas yang memperoleh model Problem Based Learning yang terdiri dari 28 siswa danVII-6 sebagai kelas yang memperoleh Pembelajaran Konvensional yang terdiri dari 28 siswa penelitian menggunakan tes kemampuan penalaran matematis. Uji statistik data menggunakan Uji ANAVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh model pembelajaran terhadap kemampuan penalaran matematis siswa, (2) terdapat pengaruh lokasi sekolah terhadap kemampuan penalaran matematis siswa, (3) tidak terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan lokasi sekolah terhadap kemampuan penalaran matematis siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorAmry, Zulnidn0007076011
Thesis advisorSyahputra, Hermawannidn0030098003
Call Number: 510.807 2 Nas p
Keywords: Model Problem Based Learning; Pembelajaran Konvensional; Lokasi Sekolah; Kemampuan Penalaran Matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 09 Sep 2021 04:48
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43241

Actions (login required)

View Item View Item