Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Untuk Kelas III SD Negeri 024776 Binjai

Sianipar, Nina Junisa (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Untuk Kelas III SD Negeri 024776 Binjai. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 8176182036 COVER.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 8176182036 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 8176182036 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 8176182036 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 8176182036 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 8176182036 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 8176182036 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 8176182036 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 8176182036 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (621kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 8176182036 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14.NIM 8176182036 REFERENCES.pdf - Published Version

Download (381kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu produk media pembelajaran yang inovatif dengan mengembangkan media pembelajaran ular tangga untuk diterapkan dalam proses pembelajaran. Pengembangan Penelitian ini dikembangkan dengan model pengembangan ADDIE yaitu dimulai dari analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi.Dalam penelitian ini produk terlebih dahulu divalidasi oleh ahli media dan ahli materi. Serta penilaian respon dari guru dan siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 024776 Binjai sebagai kelas eksperimen, dan siswa kelas III SD Negeri 104182 Paya Geli untuk kelas kontrol yang berjumlah masing-masing 20 orang siswa/siswi. Produk berupa media pembelajaran permainan ular tangga akan mencoba terlebih dahulu pada kelompok kecil lalu kemudian pada kelompok terbatas. Tujuan Penelitian ini adalah (1) Mendapatkan kelayakan, kepraktisan, dan efektivitas media pembelajaran ular tangga pada mata pelajaran PPKn di kelas III SD negeri 024776 Binjai dari ahli materi dan ahli media, (2) Mengetahui perbedaan minat dan hasil belajar siswa yang menggunakan dan tidak menggunakan media pembelajaran ular tangga pada mata pelajaran PPKn di kelas III SD negeri 024776 Binjai. Berdasarkan hasil analisis para ahli yang terdiri dari ahli materi dengan nilai rata-rata 82,26 berarti sangat valid dan dengan ahli media dengan nilai rata-rata 89 berarti sangat valid. Nilai persentase ketuntasan klasikal yang diperoleh siswa pada pretes dan postes kelompok eksperimen mengalami peningkatan tinggi yakni 40% menjadi 95%, dengan rata–rata nilai pretest adalah 59,00 dan rata–rata nilai postest adalah 81,25. Sehingga sudah memenuhi kriteria ketuntasan klasikal dan produk media pembelajaran sudah memenuhi indikator keefektifan dan layak digunakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorNur, Ramlinidn0015035607
Thesis advisorRuslan, Dedenidn0004076508
Call Number: 372.8 Sia p
Keywords: Pengembangan; Media Pembelajaran; Minat dan Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 10 Aug 2021 03:36
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43103

Actions (login required)

View Item View Item