PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK BERBANTUAN GEOGEBRA

Agustinawati, Meriyanti (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK BERBANTUAN GEOGEBRA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 8126171021 Judul.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 8126171021 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (819kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 8126171021 Abstrak.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 8126171021 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 8126171021 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 8126171021 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 8126171021 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 8126171021 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 8126171021 Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. 8126171021 Bab V.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. 8126171021 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (281kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan koneksi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran PMR berbantuan GeoGebra. Penelitian ini berbentuk studi quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tanjung Morawa berjumlah 236 siswa. Sampelnya dipilih secara acak yaitu kelas VII-5 (kelas eskperimen) dan VII-9 (kelas kontrol). Instrumen dalam penelitian ini terdiri dari: tes kemampuan pemecahan masalah dan koneksi matematis, lembar proses jawaban siswa, lembar observasi aktivitas siswa. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas isi dengan reliabilitas untuk tes kemampuan pemecahan masalah dan koneksi matematis berturut-turut adalah 0,699 dan 0,8626. Analisis data inferensial yang digunakan ANAVA dua jalur dan deskriptif proses jawaban siswa dan aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar dengan pembelajaran PMR berbantuan GeoGebra lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan pembelajaran ekspositori, (2) Peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang diajar dengan pembelajaran PMR berbantuan GeoGebra lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan pembelajaran ekspositori, (3) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan koneksi matematis siswa, (4) proses penyelesaian masalah siswa yang diajar dengan pembelajaran PMR berbantuan GeoGebra lebih lengkap daripada siswa yang mendapat pembelajaran ekspositori, (5) Aktivitas siswa dengan pendekatan matematika realistik berkategori baik. Berdasarkan hasil penelitian, maka peneliti menyarankan agar pendekatan matematika realistik (PMR) dan pemanfaatan bantuan GeoGebra dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan koneksi matematis siswa sehingga pembelajaran matematika lebih inovatif dan menyenangkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSaragih, Sahat196102051988031003
Thesis advisorArmanto, Dian196311101988031001
Call Number: 516.350 712 Agu p
Keywords: Pemecahan masalah; Kemampuan koneksi; Matematika realistik; Pembelajaran ekspositori; Media pembelajaran; Geogebra; Geometri; Aljabar
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4309

Actions (login required)

View Item View Item