PENGARUH PEMBERIAN LAYANAN INFORMASI TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI DALAM MENGEMUKAKAN PENDAPAT SISWA DI SMP NEGERI 27 MEDAN TAHUN AJARAN 2019/2020

BIN MOHD ZIN, MOHAMAD SYAKIR AMIN (2020) PENGARUH PEMBERIAN LAYANAN INFORMASI TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI DALAM MENGEMUKAKAN PENDAPAT SISWA DI SMP NEGERI 27 MEDAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 1154651004_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1154651004_COVER.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1154651004_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1154651004_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (780kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 115461004_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 115461004_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (286kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1154651004_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1154651004_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (816kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1154651004_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1154651004_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (350kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1154651004_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1154651004_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1154651004_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1154651004_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 115461004_BAB I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 115461004_BAB I.pdf - Published Version

Download (945kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 1154651004_BAB V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 1154651004_BAB V.pdf - Published Version

Download (496kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 1154651004_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 1154651004_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (351kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan informasi terhadap kepercayaan diri dalam mengemukakan pendapat siswa di SMP Negeri 27 Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah ada Pengaruh Pemberian Layanan Informasi Terhadap Kepercayaan Diri Dalam Mengemukakan Pendapat Siswa di SMP Negeri 27 Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Metodeyang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif.
Jenis penelitian ini adalah Quasi experimental dengan jenis Pre test-post test one group design. Subjek dalam penelitian ini adalah 30 orang siswa kelas VIII-10 yang kepercayaan diri dalam mengemukakan pendapatnya rendah. Instrumen yang digunakan adalah skala kepercayaan diri dalam mengemukakan pendapat. Instrumen diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan layanan informasi. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon untuk melihat adakah pengaruh signifikan pemberian layanan informasi terhadap kepercayaan diri dalam mengemukakan pendapat pada siswa. Hal ini dapat diperoleh hasil perhitungan dengan skor tes
awal (pre-test) pada kelompok eksperimen diperoleh rata-rata = 74,8 sedangkan data post-test diperoleh rata-rata = 120,56. Hal ini dapat diperoleh dari uji Wilcoxon yang menunjukkan bahwa uji jenjang Wilcoxon diperoleh Jhitung = 134 sedangkan Jtabel = 109. Dari tabel nilai kritis J untuk uji jenjang bertanda Wilcoxon untuk n=30, α= 0,05 sesuai dengan kriteria dengan penerimaan dan penolakan hipotesis, hipotesis diterima jika Jhitung > Jtabel yaitu Jhitung > Jtabel di mana 134>109, dari perhitungan ini dapat dilihat perlakuan pada kelompok eksperimen artinya hipotesis yang berbunyi ada pengaruh signifikan pemberian layanan informasi terhadap kepercayaan diri dalam mengemukakan pendapat siswa di SMP Negeri 27 Medan Tahun Ajaran 2019/2020 dapat diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Layanan Informasi, Kepercayaan Diri Mengemukakan Pendapat
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF697 Differential psychology. Individuality. Self
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 06 Jul 2021 02:11
Last Modified: 06 Jul 2021 02:11
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42930

Actions (login required)

View Item
View Item