PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN KEMAMPUAN PENALARAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMK NEGERI 3 PEMATANG SIANTAR

Afnizar, Yul (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN KEMAMPUAN PENALARAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMK NEGERI 3 PEMATANG SIANTAR. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 8116121038 Judul.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 8116121038 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (863kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 8116121038 Abstrak.pdf - Published Version

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 8116121038 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 8116121038 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 8116121038 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 8116121038 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 8116121038 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 8116121038 Bab I.pdf - Published Version

Download (711kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. 8116121038 Bab V.pdf - Published Version

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. 8116121038 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (342kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1)perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan tipe TGT, (2) perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki kemampuan penalaran tinggi dan siswa yang memiliki kemampuan penalaran rendah, dan (3) interaksi antara model pembelajaran kooperatif dan kemampuan penalaran terhadap hasil belajar matematika siswa.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 3 Pematangsiantar Tahun Pelajaran 2013/2014.Sampel penelitian terdiri dari 38 orang siswa kelas X Tata Busana 2 untuk pembelajaran kooperatif tipe STAD dan 37 orang siswa kelas X Tata Kecantikan 1 untuk pembelajaran kooperatif tipe TGT.Teknik penarikan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling. Instrumenuntuk mengukur hasil belajar matematika siswa digunakantes bentuk pilihan berganda yang berjumlah 22 soal.Sedangkan pengelompokan kemampuan penalaran siswa menggunakan tes kemampuan penalaran dengan bentuk tes pilihan berganda yang berjumlah 28 soal. Metode penelitian menggunakan rancangan kuasi eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2.Teknik analisis data menggunakan Anava dua jalur.Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (X ̅=15.39)lebih tinggi dari pada siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (X ̅=14.33) dengan Fhitung = 4.01 > Ftabel = 3.98, (2) hasilbelajar matematika siswa yang memiliki kemampuan penalaran tinggi lebih tinggi daripada hasil belajar matematika siswa yang memiliki kemampuan penalaran rendah , dengan Fhitung = 20.02 > Ftabel = 3.98, (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif dan kemampuan penalaran, dengan Fhitung = 4.78 > Ftabel = 3.98.Dari hasil analisis data disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih tepat digunakan untuk siswa yang memiliki kemampuan penalaran tinggi dan model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih tepat digunakan untuk siswa yang memiliki kemampuan penalaran rendah.Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat untuk pengembangan khazanah ilmu pengetahuan mengenai peningkatan kemampuan guru dalam menggunakan berbagai model pembelajaran kooperatif khususnya tipe STAD dan TGT.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSitompul, Harun196007051986011001
Thesis advisor-, -
Call Number: 373.246 Afn p
Keywords: Model pembelajaran; Kemampuan penalaran; Pembelajaran kooperatif; Teams Group Tournament; Student Teams Achievement Division
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4284

Actions (login required)

View Item View Item