PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH MELALUI INTEGRASI MEDIA INTERNET PADA KIMIA LARUTAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KARAKTER SISWA SMA

Sudarman, Susilo (2014) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH MELALUI INTEGRASI MEDIA INTERNET PADA KIMIA LARUTAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KARAKTER SISWA SMA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 8126141017 Judul.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 8126141017 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (798kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 8126141017 Abstrak.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 8126141017 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 8126141017 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 8126141017 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 8126141017 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 8126141017 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 8126141017 Bab I.pdf - Published Version

Download (562kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. 8126141017 Bab V.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. 8126141017 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (284kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1). Perbedaan hasil belajar kimia antara siswa yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning (PBL) terintegrasi media internet dan Direct Instruction (DI) terintegrasi media Internet serta pembelajaran Direct Instruction (DI). 2) Perbedaan nilai karakter toleransi, komunikatif, percayadiri, menghargai prestasi dan demokratis yang terkembang antara siswa yang dibelajarkan dengan model PBL terintegrasi media Internet dan model pembelajaran DI terintegrasi media Internet serta model pembelajaran DI. 3)Terdapat interaksi antara karakter toleransi, komunikatif, percayadiri, menghargai prestasi dan demokratis yang terkembang dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model PBL terintegrasi media Internet dan model pembelajaran DI terintegrasi media Internet serta model pembelajaran DI. 4) Ranah kognitif apa yang terkembang pada siswa yang dibelajarkan dengan model PBL terintegrasi media Internet dan model pembelajaran DI terintegrasi media Internet serta model pembelajaran DI. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari tiga kelas eksperimen. Sebelum dilakukan perlakuan terlebih dahulu dilakukan pretes yang telah di validasi oleh tim ahli. Hasil belajar siswa diukur dengan instrument tes hasil belajar menggunakan gain ternormalisasi sedangkan untuk karakter digunakan angket dan observasi. Teknik analisis yang digunakan Anacova pada tariff signifikan α 0,0. Hipotesis diuji dengan menggunakan general linear model univariate . Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang mendapat pembelajaran dengan model PBL terintegrasi internet dan DI terintegrasi internet serta model DI .2. Terdapat perbedaan nilai karakter toleransi, komunikatif, percaya diri, menghargai prestasi dan demokratis yang terkembang antara siswa yang dibelajarkan dengan model PBL terintegrasi internet dan DI terintegrasi internet serta model DI.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSilaban, Ramlan196006181987031002
Thesis advisorSitorus, Marham19630101989031002
Call Number: 546.071 2 Sud p
Keywords: Problem based learning; Media pembelajaran; Pendidikan karakter; Asam basa; Pembelajaran kimia; Internet
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4281

Actions (login required)

View Item View Item