Peran Guru Dalam Membina Karakter Siswa Di Madrasah Aliyah Swasta Perkumpulan Amal Bakti 2 Helvetia Medan

Ramayana, Fitri (2020) Peran Guru Dalam Membina Karakter Siswa Di Madrasah Aliyah Swasta Perkumpulan Amal Bakti 2 Helvetia Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 3161122012 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 3161122012 COVER.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 3161122012 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 3161122012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (665kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 3161122012 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 3161122012 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 3161122012 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 3161122012 PREFACE.pdf - Published Version

Download (474kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 3161122012 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 3161122012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (339kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 3161122012 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM 3161122012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 3161122012 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 3161122012 TABLES.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 3161122012 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM 3161122012 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (547kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM 3161122012 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM 3161122012 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (563kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 3161122012 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM 3161122012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis- jenis karakter yang dibina oleh guru, pembinaan yang dilakukan, dan kendala yang dialami guru dalam membina karakter siswa di Madrasah Aliyah Swasta Perkumpulan Amal Bakti 2 Helvetia. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik engumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Teknik analisis data dilakukan antara lain, pengumpulan data, reduksi data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa ada beberapa karakter yang dibina leh setiap guru. Guru sangat berupaya keras menanamkan nilai- nilai seperti tanggung jawab, kerja sama, perduli erhadap
sesama serta penekanan akhlaqul karimah. Upaya tersebut tidak terlepas dari program-program yang telah disepakati bersama dan telah menjadi budaya. Namun yang menjadi kendala adalah peserta didik dan orang tua yang kurang mendukung dalam proses pembinaan. Tidak dapat melakukan proses pembinaan ini kalau hanya mengandalkan guru dan pihak sekolah. Maka sekolah, peserta didik dan orang tua harus saling bersinergi demi berjalannya pembinaan agar
dapat mencetak generasi yang sesuai dengan nilai- nilai dan norma yang berlaku di masyarakat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 2020-ANTRO-071
Keywords: Karakter; Peserta Didik; Pembinaan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Antropologi
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 29 Jun 2021 05:42
Last Modified: 29 Jun 2021 05:42
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42799

Actions (login required)

View Item
View Item