Peran Guru Dalam Membina Karakter Siswa Di Madrasah Aliyah Swasta Perkumpulan Amal Bakti 2 Helvetia Medan

Ramayana, Fitri (2020) Peran Guru Dalam Membina Karakter Siswa Di Madrasah Aliyah Swasta Perkumpulan Amal Bakti 2 Helvetia Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 3161122012 COVER.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 3161122012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (665kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 3161122012 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 3161122012 PREFACE.pdf - Published Version

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 3161122012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 3161122012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 3161122012 TABLES.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 3161122012 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (547kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM 3161122012 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (563kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 3161122012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis- jenis karakter yang dibina oleh guru, pembinaan yang dilakukan, dan kendala yang dialami guru dalam membina karakter siswa di Madrasah Aliyah Swasta Perkumpulan Amal Bakti 2 Helvetia. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik engumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Teknik analisis data dilakukan antara lain, pengumpulan data, reduksi data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa ada beberapa karakter yang dibina leh setiap guru. Guru sangat berupaya keras menanamkan nilai- nilai seperti tanggung jawab, kerja sama, perduli erhadap sesama serta penekanan akhlaqul karimah. Upaya tersebut tidak terlepas dari program-program yang telah disepakati bersama dan telah menjadi budaya. Namun yang menjadi kendala adalah peserta didik dan orang tua yang kurang mendukung dalam proses pembinaan. Tidak dapat melakukan proses pembinaan ini kalau hanya mengandalkan guru dan pihak sekolah. Maka sekolah, peserta didik dan orang tua harus saling bersinergi demi berjalannya pembinaan agar dapat mencetak generasi yang sesuai dengan nilai- nilai dan norma yang berlaku di masyarakat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorNurjannah, nidn0017125603
Call Number: 2020-ANTRO-071
Keywords: Karakter; Peserta Didik; Pembinaan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Antropologi
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 29 Jun 2021 05:42
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42799

Actions (login required)

View Item View Item