ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI HUKUM MENDEL DAN PENYIMPANGAN SEMU HUKUM MENDEL DI KELAS XII MIPA SMA NEGERI 1 BERASTAGI TAHUN AJARAN 2019/2020

Pelawi, Yonathan Dwi Syah Putra (2020) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI HUKUM MENDEL DAN PENYIMPANGAN SEMU HUKUM MENDEL DI KELAS XII MIPA SMA NEGERI 1 BERASTAGI TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4151141067 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4151141067 COVER.pdf - Published Version

Download (9kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4151141067 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4151141067 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4151141067 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4151141067 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4151141067 PREFACE.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4151141067 PREFACE.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4151141067 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4151141067 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of 11. NIM. 4151141067 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
11. NIM. 4151141067 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM. 4151141067 CHAPTER 5.pdf]
Preview
Text
15. NIM. 4151141067 CHAPTER 5.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of 16. NIM. 4151141067 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
16. NIM. 4151141067 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar siswa pada materi hukum mendel dan penyimpangan semu hukum mendel dari aspek kognitif ,indikator belajar dan faktor penyebab kesulitan belajar. Desain penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian ini diambil secara Purposive Sampling sebanyak 131 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes hasil belajar dan angket kesulitan belajar. Teknik analisis data menggunakan metode deskriptif-kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan siswa mengalami kesulitan belajar pada setiap aspek kognitif C1-C6 secara berturut-turut sebesar 70,84%, 63,06%, 73,29%, 61,99%, 74,81%, dan 62,6% dengan kategori sangat tinggi. Sementara hasil belajar siswa dari aspek indikator belajar mempelajari materi pokok adalah indikator 1 sebesar 63,43%, indikator 2 sebesar 71,76%, indikator 3 sebesar 64,89%, indikator 4 sebesar 75,96%, indikator 5 sebesar 64,89%, indikator 6 sebesar 62,6%, indikator 7 sebesar 84,36%, dan indikator 8 sebesar 95,42% dengan kategori sangat tinggi. Faktor internal yang menyebabkan kesulitan belajar adalah faktor kesehatan, intelegensi, minat, motivasi, dan psikiatik (kesehatan mental. Sedangkan faktor eksternal adalah faktor keluarga, sekolah, guru, materi pelajaran dan faktor media massa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2020 BIO 150
Keywords: Kesulitan belajar; Hukum mendel; Pewarisan sifat; Kognitif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 15 Jun 2021 20:07
Last Modified: 15 Jun 2021 20:07
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42527

Actions (login required)

View Item
View Item