PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIP TIPE JIGSAW DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SPASIAL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 22 MEDAN T.A 2019/2020

Azhari, Putri Indah (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIP TIPE JIGSAW DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SPASIAL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 22 MEDAN T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4151111075 COVER.pdf - Published Version

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4151111075 LEMBAR PENGESAHAM.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 4151111075 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 4151111075 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4151111075 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 4151111075 BAB I.pdf - Published Version

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 4151111075 BAB V.pdf - Published Version

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4151111075 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (276kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan kemampuan spasial siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan pendekatan saintifik pada materi Kubus dan Balok di kelas VIII SMP Negeri 22 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VIII-1 yang berjumlah 30 siswa. Objek penelitian ini adalah kemampuan spasial siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan pendekatan saintifik pada materi Kubus dan Balok. Berdasarkan analisis data kemampuan spasial siswa pada siklus I diperoleh 16 siswa (53,33%) dari 30 siswa telah mencapai ketuntasan belajar (≥70). Setalah tindakan II, melalui pemberian tes kemampuan spasial II diperoleh 26 siswa (86,67%) dari 30 siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar (≥70). Terjadi peningkatan persentase ketuntasan klasikal sebesar 33,34%. Berdasarkan kriteria ketuntasan klasikal maka persentase ketuntasan ini sudah memenuhi. Nilai rata-rata hasil tes kemampuan spasial pada siklus I yaitu 64,87 dan pada siklus II meningkat menjadi 89,33. Peningkatan nilai rata-rata yaitu sebesar 24,46. Berdasarkan uraian-uraian di atas disimpulkan kemampuan spasial siswa meningkat dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan pendekatan saintifik pada materi Kubus dan Balok di kelas VIII SMP Negeri 22 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSyahputra, Edi195701211989031001
Call Number: SK-2020 MAT 098
Keywords: Kemampuan spasial; Model jigsaw; Pendekatan saintifik; Pembelajaran kooperatif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 14 Jun 2021 01:57
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42518

Actions (login required)

View Item View Item