Pengaruh Budaya Sekolah, Spiritual Capital, Komitmen Organisasi, dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Di Sekolah Dasar Negeri Kota Banda Ace

Salfiyadi, Teuku (2020) Pengaruh Budaya Sekolah, Spiritual Capital, Komitmen Organisasi, dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Di Sekolah Dasar Negeri Kota Banda Ace. Doctoral thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. COPER.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (308kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pengaruh variabel budaya sekolah, spiritual capital, komitmen organisasi, dan motivasi kerja terhadap kinerja guru uks Sekolah Dasar Negeri (SDN); (2) Mengetahui rancangan model (fixed model) atau model teoritik yang dapat menggambarkan hubungan kausal antara variabel laten terhadap kinerja. Penelitian dilakukan terhadap guru uks Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Kota Banda Aceh, dengan melibatkan 174 orang guru. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner bentuk pilihan ganda dengan model skala likert. Sebelum melaksanakan penelitian, dilakukan uji coba instrumen dengan tujuan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas instrumen. Uji validitas dengan Korelasi Product Moment, dan uji reliabilitas dengan formula Alpha Cronbach. Teknik analisis data dilakukan dengan dua tahap, yaitu secara deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif bertujuan untuk menggambarkan karakteristik data, meliputi mean, median, mode dan variance. Analisis inferensial digunakan untuk pengajuan dan uji hipotesis. Uji persyaratan analisis mencangkup uji normalitas dan uji regresi linieritas. Pengujian normalitas variabel penelitian digunakan uji Liliefors. Pengujian regresi linieritas antara variabel digunakan statistik bantuan SPSS v.20. Hasil penelitian adalah (1) Budaya sekolah berpengaruh langsung positif terhadap spiritual capital 0.470, (2) Budaya sekolah berpengaruh langsung positif terhadap komitmen organisasi 0.482, (3) Spiritual capital berpengaruh langsung positif terhadap motivasi kerja 0.171, (4) Budaya sekolah berpengaruh langsung positif terhadap motivasi kerja 0,223, (5) Komitmen organisasi berpengaruh langsung positif terhadap motivasi kerja 0.174, (6) Budaya sekolah berpengaruh langsung positif terhadap kinerja guru 0.128, (7) Spiritual capital berpengaruh langsung positif terhadap kinerja guru sebesar 0.278, (8) Komitmen organisasi berpengaruh langsung positif terhadap kinerja guru 0.223, dan (9) Motivasi kerja berpengaruh langsung positif terhadap kinerja guru 0.411. Kesimpulan budaya sekolah, spiritual capital, komitmen organisasi motivasi kerja berpengaruh langsung terhadap kinerja guru uks Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Kota Banda Aceh. Saran, guru berupaya untuk memberikan berupa perbaikan dalam meningkatkan kinerjanya agar menjadi semakin baik

Item Type: Thesis (Doctoral)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSitumorang, Benyaminnidn
Thesis advisorDewi, Rosmalanidn
Call Number: 372 Sal p
Keywords: budaya sekolah; spiritual capital; komitmen guru dan motivasi kerja terhadap kinerja
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2831 Administrative personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2832 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline
Divisions: Program Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan (S3)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 03 Jun 2021 22:54
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42413

Actions (login required)

View Item View Item