PERBEDAAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN PEMAHAMAN KONSEP MAHASISWA YANG DIBELAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL

Arifin, Mohd. (2013) PERBEDAAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN PEMAHAMAN KONSEP MAHASISWA YANG DIBELAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 081188730019 Judul.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 081188730019 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 081188730019 Abstrak.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 081188730019 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 081188730019 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 081188730019 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 081188730019 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 081188730019 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 081188730019 Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. 081188730019 Bab V.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. 081188730019 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (283kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan : (1) kemampuan penalaran matematika antara mahasiswa yang diberi pembelajaran kooperatif type jigsaw dengan mahasiswa yang diberi pembelajaran konvensional. (2) pemahaman konsep antara mahasiswa yang diberi pembelajaran kooperatif type jigsaw dengan mahasiswa yang diberi pembelajaran konvensional. (3) kadar aktivitas mahasiswa terhadap pembelajaran matematika yang diberi pembelajaran kooperatif type jigsaw. (4) respon mahasiswa terhadap pembelajaran matematika yang diberi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa prodi pendidikan matematika semester II Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan T.A. 2012/2013. Pemilihan sampel dilakukan secara random dengan mengacak kelas. Instrumen yang digunakan terdiri dari : (1) tes kemampuan penalaran (2) Tes pemahaman konsep (3) Lembar aktivitas mahasiswa 4. Angket respon mahasiswa dengan pokok bahasan integral tertentu,teknik pengintegralan dan penerapan integral tertentu. Adapun tes yang digunakan untuk memperoleh data adalah berbentuk uraian. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial. Analisis deskriptif ditujukan untuk mendeskripsikan aktivitas mahasiswa dan respon mahasiswa pada pembelajaran kooperatif type jigsaw. Analisis inferensial data dilakukan dengan analisis kovarians (ANAKOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa F hitung kemampuan penalaran matematika adalah 9,271 dengan signifikansi 0,004 dan berdasarkan tabel F, untuk a = 5%diperoleh F(1-a,1-,n-2)=F(0,95, 1,58) = 4,00. Karena F* ≥ F(0,95,1,58) maka H0 ditolak. Dengan demikian 1) terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematika antara siswa yang diberi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan pembelajaran konvensional. F hitung kemampuan pemahaman konsep matematika adalah 4,593 dengan signifikansi 0,036 dan berdasarkan tabel F, untuk a = 5% diperoleh F(1-a,1-,n-2)=F(0,95, 1,58) = 4,02. Karena F* ≥ F(0,95,1,58) maka H0 ditolak dengan demikian (2) terdapat perbedaan pemahaman konsep matematika antara mahasiswa yang diberi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan pembelajaran konvensional. (3) aktivitas mahasiswa dalam pembelajaran kooperatif tipe jigsaw memenuhi batas toleransi waktu ideal (4) respon mahasiswa terhadap pembelajaran kooperatif tipe jigsaw adalah positif. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka peneliti menyarankan agar pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada pembelajaran matematika dapatdijadikan alternatif bagi dosen matematika untuk meningkatkan kemampuan penalaran dan pemahaman konsep matematika mahasiswa sebagai salah satu alternatif untuk menerapkan pembelajaran matematika yang inovatif.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSinaga, Bornok196509101991021001
Thesis advisorAsmin, 195708041985031002
Call Number: 510.071 2 Ari p
Keywords: Pembelajaran kooperatif; Pembelajaran konvensional; Tipe jigsaw; Penalaran matematika; Pemahaman konsep
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4233

Actions (login required)

View Item View Item