PERBEDAAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN PROBLEM BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING DENGAN MEDIA ADOBE FLASH PADA MATERI LAJU REAKSI

Adelia, Nia (2020) PERBEDAAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN PROBLEM BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING DENGAN MEDIA ADOBE FLASH PADA MATERI LAJU REAKSI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4163331025. COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4163331025. COVER.pdf - Published Version

Download (299kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4161131018. APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4161131018. APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4163331025. ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4163331025. ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4161131018. PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4161131018. PREFACE.pdf - Published Version

Download (420kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4161131018. TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4161131018. TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (379kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 41611311018. CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 41611311018. CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (298kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4161131018. CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4161131018. CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (300kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4161131018. BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4161131018. BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan Adobe Flash (AF) dengan Discovery Learning (DL) berbantuan Adobe Flash (AF) pada materi laju reaksi di SMAN 1 Percut Sei Tuan. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMAN 1 Percut Sei Tuan sebanyak 6 kelas. Rata rata jumlah siswa dalam setiap kelas adalah 36 orang. Sampel yang dipilih sebanyak 2 kelas yang dipilih dengan teknik Random Sampling sederhana yaitu kelas XI MIA 3 sebagai kelas eksperimen 1 berjumlah 36 siswa menggunakan model PBL dengan media AF dan kelas XI MIA 5 sebagai kelas eksperimen 2 berjumlah 36 menggunakan model DL dengan media AF. Penelitian ini menggunakan instrumen tes dan non tes yang telah diujicobakan dan telah valid. Data hasil belajar siswa terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitasnya, dimana hasil yang didapat kedua kelompok sampel berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji Independen Sample T-Test. Pada hipotesa 1 diperoleh nilai sig sebesar 0,01 < α (0,05), Sedangkan untuk hipotesa 2 diperoleh nilai sig sebesar 0,000 < α (0,05). Dengan demikian, menunjukkan ada perbedaan yang signifikan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan PBL berbantuan Adobe Flash dengan DL berbantuan Adobe Flash. Persentase yang dihasilkan untuk aktivitas belajar dan hasil belajar yang dibelajarkan menggunakan PBL berbantuan Adobe Flash sebesar 6,78% dan 8,72% lebih baik dibandingkan yang dibelajarkan dengan DL berbantuan Adobe Flash.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2020 KIM 106
Keywords: Hasil belajar; Problem based learning; Discovery learning; Adobe flash; Laju reaksi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 May 2021 00:53
Last Modified: 21 May 2021 00:53
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42207

Actions (login required)

View Item
View Item